Xiaomi Surge S1, Prosesor Mobile yang Siap Hadapi Snapdragon 625

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 01 Mar 2017 12:30 WIB
xiaomi
Xiaomi Surge S1, Prosesor Mobile yang Siap Hadapi Snapdragon 625
Surge S1 kini telah digunakan di Xiaomi Mi 5C

Metrotvnews.com: Meski tidak tampil di ajang Mobile World Congress 2017, Xiaomi tetap memberikan kejutan dengan merilis prosesor mobile perdananya di Beijing baru-baru ini.

Prosesor yang diberi nama Surge S1 tersebut merupakan prosesor kelas menengah yang diklaim lebih kencang dari kompetitor lain seperti Qualcomm Snapdragon 625 serta MediaTek P20 dan P10.

Surge S1 merupakan prosesor 64-bit dengan konfigurasi octa-core berkecepatan 2,2GHz. Prosesor ini juga hadir bersama GPU Mali-T860 serta memiliki fitur Upgradable Baseband. Fitur tersebut memungkinkan perangkat yang menggunakan prosesor ini dapat melakukan panggilan melalui VoLTE (voice over LTE) dengan kualitas suara HD yang lebih jernih.



Menurut Mashable, CEO Xiaomi yaitu Lei Jun, mengatakan pihaknya akan mulai memikirkan rencana pengembangan jangka panjang. Realisasinya adalah dengan menghadirkan pengembangan software dan hardware sekaligus, termasuk prosesor sendiri.

"Kemampuan untuk menciptakan prosesor sendiri merupakan sebuah langkah yang sangat penting bagi produsen ponsel," ujar Lei Jun dalam presentasinya.

"Kehadiran prosesor baru ini sangat penting bagi kami untuk bergerak ke tingkat pengembangan selanjutnya. Semua itu demi menghadirkan teknologi dan inovasi ke masyarakat luas."



Penggunaan prosesor sendiri tidak hanya akna menguntungkan dari sisi pengembangan perangkat, tetapi juga dalam hal perolehan keuntungan. Menurut analis Counterpoint, Shobhit Srivastava, prosesor merupakan salah satu komponen termahal di dalam ponsel. Bahkan harganya bisa mencapai 50 persen dari total biaya pembuatan sebuah ponsel.

Jika Xiaomi sudah bisa menghadirkan prosesor sendiri, maka mereka bisa merancang prosesor yang dapat menekan harga produksi, namun memiliki kualitas yang masih dapat dikontrol.



Sayangnya, perangkat yang menggunakan prosesor ini diperkirakan tidak akan dipasarkan di luar Tiongkok dalam waktu dekat. Hal tersebut dikarenakan pengembangannya melibatkan perusahaan telekomunikasi Tiongkok, sehingga akan sulit bagi Xiaomi untuk memasarkannya ke luar Tiongkok karena terikat lisensi.

Untuk saat ini, prosesor Surge S1 diproduksi oleh anak perusahaan Xiaomi, Beijing Pinecone Electronics. Prosesor ini juga telah hadir di ponsel terbaru Xiaomi Mi 5C.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.