Facebook Berhenti Kumpulkan Data Pengguna WhatsApp di Eropa

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Nov 2016 12:08 WIB
media sosialfacebookwhatsapp
Facebook Berhenti Kumpulkan Data Pengguna WhatsApp di Eropa
Facebook berhenti mengumpulkan data pengguna WhatsApp di Eropa. (AP Photo / Patrick Sison, File)

Metrotvnews.com: Mengikuti tuntutan dari badan-badan pengawas Eropa, Facebook telah berhenti mengumpulkan data pengguna WhatsApp di benua tersebut, lapor Financial Times.

Keputusan Facebook ini berarti informasi pengguna WhatsApp di Eropa, seperti nomor telepon, tidak lagi diberikan ke Facebook. Namun, Facebook menyebutkan, langkah yang mereka ambil ini bersifat sementara, sambil menunggu ditentukannya peraturan terkait pembagian data ini.

"Kami harap kami dapat meneruskan pembicaraan kami dengan Kantor Komisaris Informasi Inggris dan badan perlindungan data lainnya," kata Facebook. Mereka mengonfirmasi, mereka bersedia berkolaborasi untuk menjawab masalah ini.

Menurut The Verge, Facebook membeli WhatsApp senilai USD19 miliar pada tahun 2014. Namun, mereka baru mulai mengumpulkan data dari pengguna WhatsApp pada bulan Agustus tahun ini. Keputusan Facebook ini mendapatkan kritik dari badan pengumpulan data Eropa. 

Dua puluh delapan badan pengumpulan data Eropa menandatangani surat terbuka yang dikirim ke CEO WhatsApp Jan Koum bulan lalu. Surat tersebut meminta Koum untuk menghentikan pengumpulan data, setidaknya selama peraturan terkait pembagian data ini ditentukan.

Badan Komisaris Perlindungan Data Irlandia mengonfirmasi pada Financial Times bahwa Facebook memang telah menghentikan pengumpulan data pengguna WhatsApp di Eropa minggu lalu. Sebelum ini, Facebook telah diminta untuk menghentikan pengumpulan data ini di Jerman karena dianggap melanggar peraturan terkait perlindungan data nasional.

Selain itu, Jerman juga menuntut Facebook untuk menghapus semua data yang telah mereka kumpulkan dari 35 juta pengguna WhatsApp di negara tersebut. Semetara itu, negara-negara lain di Eropa, seperti Inggris, Perancis, dan Italia tengah melakukan investigasi terkait pengumpulan data yang dilakukan oleh Facebook ini.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /