WhatsApp Masih Dukung BBOS dan BlackBerry 10

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 16 Nov 2016 09:10 WIB
whatsapp
WhatsApp Masih Dukung BBOS dan BlackBerry 10
WhatsApp memutuskan untuk memperpanjang dukungan aplikasinya pada sejumlah platform versi lama.

Metrotvnews.com: WhatsApp memutuskan untuk memperpanjang dukungan pada aplikasi pesan instannya pada platform Blackberry OS dan BlackBerry 10. Keputusan ini ditunjukan WhatsApp dengan kembali mencantumkan keduanya pada daftar platform yang masih mendukung WhatsApp.

Keputusan WhatsApp tersebut dinilai berdasarkan pengamatan bahwa pengguna platform tersebut masih cukup banyak, meskipun BlackBerry OS merupakan salah satu platform yang sudah tidak lagi populer di masyarakat, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Sebelumnya, pada bulan Februari lalu, WhatsApp mengumumkan keputusannnya untuk menghentikan dukungan aplikasinya pada sejumlah platform mobile versi lama. Dua di antara platform tersebut merupakan karya perusahaan asal Kanada tersebut.

Dukungan WhatsApps untuk BlackBerry OS dan BlackBerry 10 seharusnya berakhir pada akhir tahun 2016 ini, bersamaan dengan sistem operasi Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 and Android 2.2, Windows Phoe 7, serta iPhone 3GS/iOS 6.

Namun, keputusannya tersebut memungkinkan pengguna perangkat bersistem operasi Nokia S40 dan Nokia Symbian S60, selain dua platform BlackBerry tersebut, untuk menikmati fungsionalitas aplikasi WhatsApp hingga akhir Juni 2017 mendatang.

Selain perpanjangan waktu dukungan untuk platform yang telah disebutkan tersebut, WhatsApp juga mengonfirmasi ulang keputusannya untuk menghentikan dukungan pada platform lain pada awal 2017. Platform tersebut yaitu Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone7 dan iPhone3GS/iOS 6.

Keputusan tersebut disebabkan karena platform tersebut tidak lagi memiliki kemampuan yang dibutuhkan WhatsApp untuk menghadirkan fitur baru lain di masa depan. Sebelumnya, WhatsApp juga telah menghadirkan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah kemampuan video call melalui aplikasi pesan instant versi mobile.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.