Grab Setuju Penggunaan Kendaraan 1.000cc untuk Transportasi Online

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 17 Mar 2017 17:34 WIB
grab
Grab Setuju Penggunaan Kendaraan 1.000cc untuk Transportasi Online
Darmaningtyas, Ketua Bidang Advokasi, Masyarakat Transportasi Indonesia (kanan).

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada poin dalam revisi Peraturan Menteri (PM) No. 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek yang Grab Indonesia setujui meskipun ada 3 poin yang mereka tolak.

Poin tersebut adalah tentang izin untuk menggunakan kendaraan berkapasitas mesin 1.000 cc sebagai kendaraan dalam layanan transportasi online seperti Grab.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kendaraan dengan kapasitas 1.000cc memiliki harga yang lebih murah, sehingga memudahkan mitra pengemudi mereka untuk mendapatkan mobil.

"Mobil 1.000cc memiliki harga yang lebih terjangkau," ujar Ridzki saat ditemui di Gedung Lippo Kuningan, Jumat (17/3/2017). "Hal ini pada akhirnya akan memungkinkan transportasi umum yang lebih terjangkau."

Namun, pendapat Ridzki ini berkebalikan dengan pendapat Darmaningtyas, Ketua Bidang Advokasi, Masyarakat Transportasi Indonesia. Dia merasa, jika pemerintah mengizinkan penggunaan kendaraan 1.000 cc, maka hal ini berpotensi untuk menambah kemacetan di Jakarta.

Meskipun begitu, pria yang akrab dengan sapaan Tyas ini mendukung keberadaan transportasi online karena dianggap dapat menurunkan biaya transportasi.

"Studi di Indonesia membuktikan bahwa biaya transportasi merupakan 25-40 persen dari total gaji seseorang," ujar Tyas.

"Karena iu, MTI mendorong agar biaya transportasi menjadi semakin kecil. Idealnya adalah 10-12 persen dari gaji."

Selain itu, dia juga berharap, keberadaan transportasi online di Indonesia akan dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai momentum untuk memperbaiki angkutan umum. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.