Netflix Dilarang Berkompetisi di Cannes Film Festival

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 26 Mar 2018 10:41 WIB
netflix
Netflix Dilarang Berkompetisi di Cannes Film Festival
Film orisinal karya Netflix dilarang berkompetisi di Cannes Fim Festival, karena menolak tayang di bioskop.

Jakarta: Netflix dilarang berkompetisi di Cannes Fim Festival, akibat menolak untuk merilis film karyanya di bioskop. Netflix memilih untuk menyiarkan film orisinal karyanya pertama kali di layanan streaming miliknya , dan dapat dinikmati secara online atau offline.

Kehadiran film karya Bong Joon-ho berjudul Okja, dan The Meyerowitz Stories karya Noah Baumbach pada festival film di Prancis ini pada tahun lalu, menimbulkan protes keras dari pelaku industri perfilman Prancis.

Netflix tidak mampu mengamankan perizinan di menit terakhir untuk perilisan teatrikal selama satu minggu di Prancis akibat regulasi media negara tersebut.

"Tahun lalu, saat kami memilih dua film tersebut, saya pikir sata dapat meyakinkan Netflic untuk merilisnya di bioskop. Ternyata, saya terlalu percaya diri, dan mereka menolak," ujar kepala Cannes Theirry Fremaux, seperti yang dilansir oleh The Hollywood Reporter.

Fremaux menyebut bahwa pihak Netflix menyukai karpet merah dan ingin menghadirkan film lain pada fetival tersebut. Namun, pihak Netflix memahami bahwa keteguhan mereka dalam mempertahankan metode distribusi film bertolak belakang dengan prinsip yang dianut festival Cannes.

Mulai festval Cannes pada tahun 2018 ini yang akan dihelat pada bulan Mei mendatang, film yang ditampilkan pada kompetisi harus memenuhi regulasi penyiaran di bioskop Prancis.

Fremaux menambahkan, Netflix dilaporkan masih diizinkan untuk menampilkan film karyanya di festival ini, namun tidak dapat disiarkan di ajang prestisius Palme d'Or.

Sebelumnya,  Netflix telah memberikan konfirmasi pihaknya akan meneruskan kisah perjalan Eleven dan kawan-kawan lewat Stranger Things 3. Kendati belum ada jadwal resmi perilisan Stranger Things 3, serial tersebut diyakini akan dirilis pada akhir 2018 atau awal 2019.

Netflix juga mengumumkan memperbaiki aplikasi mobile miliknya, baik untuk Android maupun iOS.

VP Product Netflix Todd Yellin mengonfirmasi fitur preview video akan diimplementasikan pada aplikasi mobile. Fitur tersebut memungkinkan pelanggan menyaksikan contoh video berdurasi 30 detik yang ditampilkan dalam format vertikal.

Layanan media streaming dan rumah produksi Netflix akan membuat serial asli berbasis Arab pertama mereka. Serial berjudul Jinn dan akan digarap sutradara Lebanon Mir-Jean Bou Chaaya bersama Bassel Ghandour, penulis naskah film nomine Oscar Theeb.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.