LG Display Tidak Produksi Layar OLED untuk iPhone X

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 30 Dec 2017 13:04 WIB
lg
LG Display Tidak Produksi Layar OLED untuk iPhone X
LG Display mengonfirmasi tidak memproduksi dan mendistribusikan panel OLED untuk iPhone X sepanjang tahun 2017.

Jakarta: Apple iPhone X hadir dengan layar OLED baru, menjadi perangkat pertama yang dimiliki oleh iPhone, sebab model sebelumnya didukung layar LCD. Satu dari dua produsen OLED terbesar dunia, LG Display, mengonfirmasi tidak mendistribusikan layar untuk iPhone X.

Konfirmasi tersebut berarti bahwa layar pada unit iPhone X yang tersedia di pasar saat ini merupakan layar hasil produksi divisi layar Samsung. Teknologi layar OLED Samsung pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 lalu.

Sejak itu, Samsung melakukan sejumlah improvisasi pada layar tersebut hingga saat ini. Apple sebelumnya menyebut bahwa perusahaannya memutuskan untuk menunggu teknologi OLED lebih matang sebelum menggunakannya pada iPhone.

Penggunaan layar OLED iPhone turut mengindikasikan bahwa teknologi OLED kini telah mencapai fase matang. Selain itu, panel layar pada iPhone X juga merupakan satu komponen termahal pada ponsel cerdas terbaru Apple tersebut.

Sementara itu saat ini, Apple tengah menghadapi sejumlah tuntutan hukum akibat pengakuannya dalam memperlambat performa iPhone dengan baterai versi lama. Menanggapi hal tersebut, LG turut memberikan tanggapan berupa bantahan melakukan tindakan serupa pada ponsel karyanya.

Tidak hanya LG, Samsung, Motorola dan HTC turut memberikan bantahannya bahwa perusahaan mereka pernah dan akan melakukan hal serupa pada ponsel karya ketiganya dengan dukungan baterai versi lama.

Sebelumnya, beredar screenshot yang diambil pemilik LG G6 di Tiongkok, menunjukan bahwa perangkat unggulan LG keluaran tahun 2017, mulai menerima update Android 8.0 beta dengan kode V19A via Over-the-Air (OTA).


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.