Pemerintah Tiongkok akan Regulasi Pembayaran dengan QR Code

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Dec 2017 18:14 WIB
teknologitiongkok
Pemerintah Tiongkok akan Regulasi Pembayaran dengan QR Code
Pemerintah Tiongkok akan atur penggunaan QR code.

Jakarta: Dalam rangka mengurangi penipuan, bank sentral Tiongkok telah mengumumkan rencana untuk membuat regulasi terkait pembayaran menggunakan QR code, barcode dan kode lain yang bisa dipindai.

Para regulator nantinya akan membatasi pembayaran menggunakan QR code menjadi CNY500 atau sekitar Rp1 juta. Ketika metode pengamanan tertentu digunakan, batasan pembayaran akan naik menjadi CNY5 ribu atau sekitar Rp10 juta.

Semakin tinggi level keamanan, maka bank dan pihak yang memproses pembayaran akan diberikan kebebasan untuk menentukan batasan maksimal pembayaran yang bisa dilakukan. 

Selain itu, Bank of China tidak menentukan peraturan ketat. Mereka hanya meminta bank dan pihak pemproses pembayaran untuk mengatur diri mereka sendiri berdasarkan panduan yang diberikan oleh bank sentral.

Mereka juga meminta grup industri untuk mengumpulkan anggota dan para ahli untuk mempelajari bagaimana bisnis menggunakan QR code dan langkah apa yang bisa diambil untuk meningkatkan keamanannya, lapor The Verge.

Bank sentral khususnya khawatir dengan kode statis yang tidak pernah berubah, yang bisa diselipkan tautan ke situs dengan malware. Sebuah laporan menyebutkan, sebanyak USD13 juta (Rp176 miliar) telah tercuri melalui penipuan QR code di provinsi Tiongkok yang paling padat. 

Bank sentral ingin pembayaran QR mengadopsi sistem token, tanggal habis berlaku dan metode lain untuk mencegah penipuan. Mereka juga menyarankan penggunaan enkripsi, update berkala, monitor risiko dan software keamanan.

Sayangnya, sekarang, masih belum jelas bagaimana cara kerja semua ini. Sejauh ini, Bank of China tampaknya hanya menawarkan sekumpulan ide dan meminta pihak industri untuk memikirkan cara mengimplementasikannya. 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.