Pengolahan Data Juga Bisa Untungkan Pemerintah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Dec 2017 20:11 WIB
kominfoteknologi
Pengolahan Data Juga Bisa Untungkan Pemerintah
Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani. (MTVN)

Jakarta: Sekarang, data semakin berharga. Data bahkan dianggap sama berharganya seperti minyak. Data yang telah diolah dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan.

Namun, perusahaan bukan satu-satunya pihak yang akan diuntungkan dengan oleh pengolahan data, tapi juga pemerintah. 

Dalam acara Algoritma yang diadakan di Ariobimo Sentral, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa data yang ada bisa dikumpulkan dan diolah, dan ini akan memudahkan pemerintah untuk mengambil keputusan. 

"Pemerintah bisa memprediksi tren untuk membuat kebijakan," kata pria yang akrab dengan sapaan Semmy ini.

"Pemerintah tidak lagi menjadikan asumsi sebagai dasar untuk membuat kebijakan, tapi data yang tepat. Data yang diolah bisa menghasilkan input yang berguna untuk mengambil kebijakan. Untuk bisa merealisasikan itu, perlu talenta yang bisa mengolah data."

Semmy juga menyebutkan, di era digital ini, teknologi memang menciptakan disrupsi di berbagai industri, yang akhirnya dapat menghilangkan beberapa lowongan pekerjaan.

Pada saat yang sama, dia merasa, perubahan ini juga akan menciptakan lowongan pekerjaan baru. Misalnya data scientist

Selain orang-orang yang ahli mengolah data, Semmy juga menyebutkan, diperlukan regulasi untuk melindungi data pribadi pengguna.

"Ada dua manfaatnya regulasi itu. Pertama, data pribadi tidak terpampang, tidak dimanfaatkan secara salah. Selain itu, industri pengolahan data juga memiliki guideline," katanya. 


(MMI)