Twitter Sebut 2017 Sebagai Tahun Keberagaman

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 06 Dec 2017 15:28 WIB
twitter
Twitter Sebut 2017 Sebagai Tahun Keberagaman
Country Head Industry Twitter Indonesia Novita Jong.

Jakarta: Twitter mengumumkan laporan tahunan terkait topik yang paling banyak dibicarakan di platform jejaring sosial miliknya sepanjang tahun 2017. Laporan bertajuk Rame di Twitter 2017 tersebut disebut Twitter menjadi indikator keberagaman di platform miliknya.

"Tahun 2017 menjadi tahun menarik bagi Twitter karena dimeriahkan oleh beragam topik. Twitter jadi medium bagi para milenial yang secara aktif mencari topik perbincangan offline, yang di-mirror ke online," ujar Country Head Industry Twitter Indonesia Novita Jong.

Topik yang beredar di linimasa Twitter diakui perempuan yang akrab disapa Novita tersebut sangat beragam. Sebagian besar topik tersebut, lanjut Novita, berkisar pada empat pilar: olahraga, hiburan, momen budaya, dan sosial.

Untuk wilayah Indonesia, Twitter mencatat 10 topik yang paling banyak diperbincangkan pengguna Twitter selama tahun 2017 ini. Topik ramadan, pilkada serentak 2017, BUT RI ke-72, Pilkada DKI, konser boyband asal Korea Selatan di Indonesia yaitu BTS, dan kasus Ahok.

Topik lainnya termasuk meninggalnya kiper tim sepakbola Persela Lamongan FC Choirul Huda, kasus korupsi Setya Novanto, pernikahan Raisa dan Hamish Daud, serta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga menjadi topik terhangat sepanjang tahun 2017.

Topik meninggalnya Choirul Huda juga ditasbihkan Twitter sebagai Golden Tweet tahun ini. Hal ini didorong oleh data yang menyebut unggahan informas dan ungkapan belasungkawa dengan menggunakan tagar #riphuda diretweet pengguna sebanyak 20rb kali.

Selain itu, tagar #jumat berkah menjadi salah satu tagar yang paling banyak digunakan oleh pengguna Twitter sepanjang tahun ini. Hal tersebut dinilai Novita sebagai ekspresi pengguna dalam menanggapi sejumlah kejadian mengejutkan dan kondisi Indonesia yang dinilai pengguna kurang stabil.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /