Snapchat Segera Hadirkan Efek AR Karya Komunitas

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 14 Mar 2018 10:19 WIB
snapchat
Snapchat Segera Hadirkan Efek AR Karya Komunitas
Snapchat akan menghadirkan efek AR karya pengguna Lens Studio di aplikasi utamanya.

Jakarta: Pada bulan Desember 2017 lalu, Snap merilis aplikasi keduanya bertajuk Lens Studio. Aplikasi untuk perangkat Windows dan Mac ini menciptakan efek Augmented Reality (AR), sehingga dapat digunakan dan dibagikan di Snapchat.

Dalam upaya mempopulerkan efek AR yang diciptakan pengguna, bertajuk Lens, Snapchat berencana menghadirkan efek tersebut pada tampilan utama aplikasinya. Mulai akhir Maret, Snapchat akan menampilkan sejumlah pilihan dari Lens karya komunitas pada halaman utama aplikasinya.

Mengklik efek AR ini akan menampilkan jendela, berisi nama kreator dan tag "created with Lens Studio". Snapchat menyebutnya sebagai "creator boost" dan diperkirakan akan menjadi langkah selanjutnya yang dipersiapkan Snap sebagai wujud apresiasinya.

Sebelumnya, Snap juga menampilkan apresiasi untuk komunitas pengguna dengan menghadirkan analitik dalam aplikasi bagi pengguna dengan akun terverifikasi. Sementara itu hingga saat ini, Lens Studio dilaporkan berkembang dan bertumbuh dengan baik.

Aplikasi tersebut memungkinkan seluruh penggunanya untuk menciptakan obyek AR karya mereka dan menggunakannya di Snapchat. Lebih dari 30 ribu lensa yang dibuat via Lens Studio, telah dinikmati sebanyak miliaran kali, membuktikan aplikasi ini mudah diakses.

Sejauh ini, pengguna aplikasi tersebut juga dilaporkan cukup kreatif dalam menciptakan efek AR. Beberapa di antaranya menciptakan efek AR yang melibatkan bayi berpakaian astronot, kambing, serta naga yang bertingkah layaknya atlet angkat beban.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.