Anda Bisa Registrasi Ulang Kartu Prabayar di Situs Operator

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 31 Oct 2017 11:40 WIB
kominfoindosattelkomselxltelekomunikasismartfren telecomtri
Anda Bisa Registrasi Ulang Kartu Prabayar di Situs Operator
Anda bisa melakukan registrasi kartu prabayar di situs operator.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda mendapatkan pesan yang meminta Anda mengirimkan pulsa ke nomor tertentu, atau bahkan meminta Anda untuk mengirimkan uang ke rekening tertentu dengan mengatasnamakan keluarga Anda?

Kementerian Komunikasi dan Informatika berusaha mengatasi maraknya penipuan jenis ini dengan meminta para pelanggan operator telekomunikasi untuk melakukan registrasi ulang menggunakan KTP dan Kartu Keluarga. Anda tidak perlu menggunakan nama ibu untuk melakukan registrasi ulang. 

Memang, pada tahun 2016, Kominfo telah berusaha memperketat registrasi pelanggan seluler prabayar, membuat agar registrasi hanya bisa dilakukan di kios penjual resmi. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan nomor, seperti penipuan atau penyebaran ujaran kebencian atau hate speech. 

Ketika mengumumkan hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengaku bahwa peraturan ini bukanlah sesuatu yang baru.

"Kebijakan kali ini sebetulnya bukan hal baru, karena ini mendukung kebijakan yang sebetulnya sudah diimplementasikan sejak lama yakni 2005. Identitas yang dipergunakan untuk registrasi layanan seluler harus sesuai data pribadi yang disimpan oleh Ditjen Dukcapil," kata Rudiantara."Karena gaungnya kurang, dan ekosistemnya belum siap, jadi ya tidak bisa berjalan."

Anda sudah bisa melakukan registrasi ulang kartu mulai hari ini. Anda bisa melakukannya melalui SMS atau dengan mengakses situs yang disediakan oleh operator telekomunikasi yang layanannya Anda gunakan. 

Inilah situs registrasi yang disediakan oleh 5 operator telekomunikasi di Indonesia. 
1. Telkomsel
2. XL Axiata
3. Indosat Ooredoo
4. Smartfren
5. Tri


(MMI)