Anda Bisa Registrasi Ulang Kartu Prabayar di Situs Operator

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 31 Oct 2017 11:40 WIB
kominfoindosattelkomselxltelekomunikasismartfren telecomtri
Anda Bisa Registrasi Ulang Kartu Prabayar di Situs Operator
Anda bisa melakukan registrasi kartu prabayar di situs operator.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda mendapatkan pesan yang meminta Anda mengirimkan pulsa ke nomor tertentu, atau bahkan meminta Anda untuk mengirimkan uang ke rekening tertentu dengan mengatasnamakan keluarga Anda?

Kementerian Komunikasi dan Informatika berusaha mengatasi maraknya penipuan jenis ini dengan meminta para pelanggan operator telekomunikasi untuk melakukan registrasi ulang menggunakan KTP dan Kartu Keluarga. Anda tidak perlu menggunakan nama ibu untuk melakukan registrasi ulang. 

Memang, pada tahun 2016, Kominfo telah berusaha memperketat registrasi pelanggan seluler prabayar, membuat agar registrasi hanya bisa dilakukan di kios penjual resmi. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan nomor, seperti penipuan atau penyebaran ujaran kebencian atau hate speech. 

Ketika mengumumkan hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengaku bahwa peraturan ini bukanlah sesuatu yang baru.

"Kebijakan kali ini sebetulnya bukan hal baru, karena ini mendukung kebijakan yang sebetulnya sudah diimplementasikan sejak lama yakni 2005. Identitas yang dipergunakan untuk registrasi layanan seluler harus sesuai data pribadi yang disimpan oleh Ditjen Dukcapil," kata Rudiantara."Karena gaungnya kurang, dan ekosistemnya belum siap, jadi ya tidak bisa berjalan."

Anda sudah bisa melakukan registrasi ulang kartu mulai hari ini. Anda bisa melakukannya melalui SMS atau dengan mengakses situs yang disediakan oleh operator telekomunikasi yang layanannya Anda gunakan. 

Inilah situs registrasi yang disediakan oleh 5 operator telekomunikasi di Indonesia. 
1. Telkomsel
2. XL Axiata
3. Indosat Ooredoo
4. Smartfren
5. Tri


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.