Android 8.0 Oreo Bisa Kirim SMS via Chromebook?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 31 Oct 2017 08:13 WIB
google
Android 8.0 Oreo Bisa Kirim SMS via Chromebook?
DItemukan kode yang mengindikasikan Android 8.1 Oreo akan berbekal kemampuan terkait SMS untuk Chromebook.

Metrotvnews.com: Awal minggu ini, Google merilis Developer Preview Android 8.1 Oreo, menyuguhkan informasi terkait dengan sejumlah teknologi yang dibenamkan Google pada versi upgrade sistem operasi mobile karyanya tersebut.

Pada preview untuk para pengembang ini, dilaporkan kode yang diperkirakan sebagai fitur baru yang akan tersedia pada versi akhir sistem operasi terbaru Android tersebut. Fitur tersebut disebut berupa kemampuan untuk membaca dan mengirimkan pesan SMS ke smartphone via Chromebook.

Kode tersebut ditemukan dan dilaporkan Ars Technica dalam APK berjudul "SMSConnectPrebuilt". Laporan tersebut menyebut bahwa fitur ini akan diluncurkan via peramban aktivitas. Setelah diluncurkan, halaman pengaturan SMS Connect akan muncul, dan akan memungkinkan pengguna menghubungkan Chromebook dengan smartphone.

Kemudian, Chromebook akan menerima dan mengirimkan pesan teks SMS yang diterima oleh smartphone. Sayangnya, fitur baru ini belum dapat diaktifkan pada versi Developer Preview Android 8.1 Oreo. Rumor terkait fitur ini menyebut, Google akan mendeteksi pemilik perangkat Android 8.1 Oreo mempunyai Chromebook yang terhubung via akun mereka.

Rumor lain yang beredar menyebut temuan bukti mengindikasikan fitur ini akan menjadi fitur eksklusif di ponsel Pixel karya Google. Jika fitur SMS Connect ini hanya terbatas pada perangkat Pixel, hal tersebut tentu sedikit disayangkan.

Temuan kode tersebut belum dapat dipastikan tersedia pada versi akhir dari sistem operasi Android tersebut, sebab Google berpeluang untuk menghapus kode sebelum diluncurkan. Sebelumnya, Google juga berubah terkait Google rencananya membekali kotak kemasan perangkat unggulannya dengan earbuds premium.

Google turut menyatakan akan turut membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mewujudkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sebelum tahun 2020 nanti. Kerja sama ini diharapkan bisa mempercepatkan dan meningkatkan kualitas startup yang dihasilkan lewat program pemerintah.


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

9 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.