Android 8.0 Oreo Bisa Kirim SMS via Chromebook?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 31 Oct 2017 08:13 WIB
google
Android 8.0 Oreo Bisa Kirim SMS via Chromebook?
DItemukan kode yang mengindikasikan Android 8.1 Oreo akan berbekal kemampuan terkait SMS untuk Chromebook.

Metrotvnews.com: Awal minggu ini, Google merilis Developer Preview Android 8.1 Oreo, menyuguhkan informasi terkait dengan sejumlah teknologi yang dibenamkan Google pada versi upgrade sistem operasi mobile karyanya tersebut.

Pada preview untuk para pengembang ini, dilaporkan kode yang diperkirakan sebagai fitur baru yang akan tersedia pada versi akhir sistem operasi terbaru Android tersebut. Fitur tersebut disebut berupa kemampuan untuk membaca dan mengirimkan pesan SMS ke smartphone via Chromebook.

Kode tersebut ditemukan dan dilaporkan Ars Technica dalam APK berjudul "SMSConnectPrebuilt". Laporan tersebut menyebut bahwa fitur ini akan diluncurkan via peramban aktivitas. Setelah diluncurkan, halaman pengaturan SMS Connect akan muncul, dan akan memungkinkan pengguna menghubungkan Chromebook dengan smartphone.

Kemudian, Chromebook akan menerima dan mengirimkan pesan teks SMS yang diterima oleh smartphone. Sayangnya, fitur baru ini belum dapat diaktifkan pada versi Developer Preview Android 8.1 Oreo. Rumor terkait fitur ini menyebut, Google akan mendeteksi pemilik perangkat Android 8.1 Oreo mempunyai Chromebook yang terhubung via akun mereka.

Rumor lain yang beredar menyebut temuan bukti mengindikasikan fitur ini akan menjadi fitur eksklusif di ponsel Pixel karya Google. Jika fitur SMS Connect ini hanya terbatas pada perangkat Pixel, hal tersebut tentu sedikit disayangkan.

Temuan kode tersebut belum dapat dipastikan tersedia pada versi akhir dari sistem operasi Android tersebut, sebab Google berpeluang untuk menghapus kode sebelum diluncurkan. Sebelumnya, Google juga berubah terkait Google rencananya membekali kotak kemasan perangkat unggulannya dengan earbuds premium.

Google turut menyatakan akan turut membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mewujudkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sebelum tahun 2020 nanti. Kerja sama ini diharapkan bisa mempercepatkan dan meningkatkan kualitas startup yang dihasilkan lewat program pemerintah.


(MMI)