Robot Penghisap Debu Ini Justru Bisa Mata-Matai Anda

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 29 Oct 2017 17:25 WIB
cyber security
Robot Penghisap Debu Ini Justru Bisa Mata-Matai Anda
Penyedot debu pintar LG Hom-Bot yang bisa bekerja secara otomatis atau dikendalikan lewat aplikasi milik LG rupanya memiliki celah keamanan yang cukup berbahaya.

Metrotvnews.com: Alat eletronik rumah tangga yang cerdas menawarkan kemudahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, Anda juga harus memikirkan kembali keamanan dari perangkat, sebab bisa jadi perangkat tersebut tanpa disadari dikendalikan oleh orang lain untuk mengintai isi rumah.

Dilaporkan oleh Forbes, baru ini ditemukan sebuah celah keamanan pada robot pembersih debu buatan LG dengan nama Hom-Bot. Tentu saja, hal ini menjadi titik introspeksi bagi seluruh perangkat smart home appliances buatan LG.

Penelitian yang dilakukan perusahaan keamanan Israel bernama Check Point membuat laporan bahwa aplikasi LG SmartThinQ yang dipergunakan untuk menghubungkan penghuni rumah dengan perangkat elektronik pintar mereka memiliki celah sistem keamanan. 

Perusahaan tersebut melakukan sebuah uji coba dengan meretas sistem keamanan aplikasi tersebut, dan berhasil menggerakan LG Hom-Bot secara bebas tanpa dicurigai, dan bisa menerima tampilan isi rumah dari video yang diterima melalui komponen di perangkat mesin penyedot debu pintar tersebut. Gawatnya lagi, hal ini juga dialami pada perangkat elektronik lainnya yang terhubung pada koneksi tersebut.

Ancaman ini sebetulnya bukan hal baru, sebab semenjak kepopuleran IoT (Internet of Things) beragam pihak sudah menegaskan bahwa sistem keamanan juga menjadi aspek penting dari kehadiran teknologi tersebut. Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh peneliti Check Point dengan melakukan peretasan pada aplikasi LG.

Peneliti Check Point menekankan, peretasan dan celah sistem keamanan bukan hanya ada mengancam sebuah organisasi atau perusahaan, tetapi juga rumah pengguna perangkat eletronik saat ini. LG Hom-Bot sendiri disebutkan sudah terjual melebihi 1 juta unit, pihak LG sendiri sudah merespon laporan tersebut denga menggulirkan pembaruan aplikasi terbaru.

Pihak Check Point menyebutkan bahwa celah keamanan tersebut terdapat pada sistem login aplikasi, dan hacker hanya butuh menggali informasi login sang target dan menemukan kombinasi alamat email dan kata kunci yang digunakan. Menurut mereka, langkah ini tidak terlalu sulit untuk hacker pemula.

Berikut adalah video bukti yang dibuat oleh Check Point ketika meretas sistem milik LG Hom-Bot.




(MMI)