Kembali Tertunda, Roket Falcon Heavy Baru Meluncur Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Dec 2017 14:37 WIB
antariksa
Kembali Tertunda, Roket Falcon Heavy Baru Meluncur Tahun Depan
Peluncuran Falcon Heavy kembali tertunda. (NASA via Getty Images)

Jakarta: SpaceX telah berencana untuk menerbangkan roket Falcon Heavy milik SpaceX sejak beberapa waktu lalu. Namun, rencana tersebut terus ditunda.

Tim SpaceX ingin agar roket tersebut diterbangkan sebelum akhir tahun ini. Sayangnya, laporan dari Aviation Week yang telah dikonfirmasikan oleh SpaceX, Falcon Heavy mungkin baru akan meluncur tahun depan. 

"Kami ingin menerbangkan Heavy tahun ini," kata President SpaceX Gwynne Shotwell pada Aviation Week. "Kami akan dapat melakukan pengujian static fire tahun ini dan terbang beberapa minggu setelahnya."

Menurut laporan Engadget, tes static fire akan menjadi kali pertama 27 mesin Merlin milik Heavy dinyalakan pada saat bersamaan. Dan jika tes ini berjalan lancar, Falcon Heavy akan siap untuk diluncurkan pada awal tahun 2018. 

Sebelum ini, peluncuran Falcon Heavy telah ditunda beberapa kali. CEO SpaceX Elon Musk menyebutkan bahwa alasan penundaan itu adalah karena pengembangan dari roket yang besar dan tangguh itu "jauh lebih susah" dari yang diperkirakan oleh SpaceX. 

"Falcon Heavy harus bisa menyalakan 27 mesin kelas-orbit pada saat bersamaan," kata Musk dalam konferensi R&D ISS pada bulan Juli. "Ada banyak masalah yang mungkin terjadi." Karena itulah, Musk memeringatkan bahwa ada kemungkinan penerbangan pertama Heavy akan berakhir dengan kegagalan. 

"Kemungkinan besar, roket ini tidak akan mencapai orbit. Saya harap roket ini akan terbang cukup jauh dari tempat peluncuran sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada tempat peluncuran -- saya akan menganggap hal itu sebagai sukses," kata Musk. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /