Google Larang Aplikasi Tampilkan Iklan di Layar Kunci Ponsel

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 01 Dec 2017 18:49 WIB
google
Google Larang Aplikasi Tampilkan Iklan di Layar Kunci Ponsel
Tampilan iklan di layar smartphone yang terkunci tidak hanya merusak tampilan

Jakarta: Keputusan Google dalam melindungi pengguna Android dari banjir iklan semakin nyata. Kini mereka akan melarang aplikasi yang tampilkan iklan di layar smartphone.

Sebuah iklan wajar muncul ketika kita membuka sebuah aplikasi. Sayangnya, sebagian besar pengguna ponsel pintar setuju iklan yang muncul pada notifikasi apalagi layar kunci sudah melanggar kenyamanan pengguna.

Dilaporkan oleh Android Authortity bahwa Google telah mengeluarkan kebijakan mengenai lockscreen monetization. Google menyatakan jika notifikasi yang ditampilkan tidak terkait langsung dengan aplikasi yang digunakan, sebuah aplikasi tidak boleh memonetisasi layar kunci atau lockscreen pada perangkat dengan tampilan iklan.

Iklan seperti lockscreen ads banyak sekali dijumpai pada aplikasi Android, khususnya yang hadir dalam versi gratis. Pengguna yang tidak ingin dibanjiri iklan harus memasang aplikasi versi premium atau berbayar.

Beberapa iklan bahkan menerapkan sistem hadiah bagi pengguna yang memasang aplikasi dengan sistem lockscreen ads. Jadi apabila pengguna ponsel mengklik iklan yang muncul di layar kunci ponselnya, mereka akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan dan ditukar dengan hadiah misalnya pulsa.

Google juga menyadari bahwa iklan juga menjadi salah satu media untuk menyebarkan gangguan dan serangan bagi celah keamanan perangkat. Oleh sebab itu, Google juga melarang sebuah iklan memiliki tampilan serupa dengan antarmuka sebuah aplikasi atau antarmuka perangkat. Tujuannya agar pengguna tidak terjebak oleh serangan siber yang berkedok iklan.  


(MMI)