Ini Bocoran Rencana Perilisan Prosesor Intel Tahun Depan

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 05 Dec 2017 10:35 WIB
intel
Ini Bocoran Rencana Perilisan Prosesor Intel Tahun Depan
Intel Cascade Lake-X siap rilis Q4 2018 (foto: istimewa)

Jakarta: Informasi mengenai prosesor Intel berikutnya baru saja bocor dan beredar di internet. Menurut TechPowerUp, bocoran tersebut berupa foto yang memperlihatkan nama serta jajaran prosesor baru Intel yang akan hadir.

Sebagai permulaan, Intel akan menghadirkan prosesor Core-X baru pada Q4 2018 mendatang. Prosesor tersebut akan bernama Cascade Lake-X yang akan mengisi lini prosesor HEDT (High-End Desktop).

Ini adalah pertama kalinya nama Cascade Lake muncul di publik. Belum ada informasi jenis arsitektur dan teknologi yang digunakan dan Cascade Lake-X diperkirakan hanya merupakan nama baru agar pengguna tidak lagi tertukar dengan penamaan antara prosesor mainstream dan HEDT seperti yang terjadi di Skylake-X dan Kaby Lake-X.

Intel juga masih belum memberikan bocoran mengenai konfigurasi core dan thread yang digunakan serta bagaimana prosesor ini bakal melawan Ryzen Threadripper yang menjadi pusat perhatian di tahun ini.



Selain Cascade Lake-X, Intel juga menunjukkan akan mulai menghadirkan prosesor Coffee Lake gelombang kedua pada Q1 2018. Prosesor ini bakal ditemani oleh jajaran motherboard dengan chipset Intel 300-Series terbaru yaitu H370 Express, B360 Express, dan H310 Express. Ini artinya Intel mulai merambah pasar pengguna kelas menengah bawah untuk Coffee Lake. Jajaran prosesor Core i3 Coffee Lake diperkirakan juga dirilis pada saat yang sama.

Sayangnya, Intel tidak menyebutkan apakah mereka bakal merilis prosesor baru dengan konfigurasi core dan thread lebih banyak dari Core i7-8700K yang memiliki 6 core serta 12 thread.

Intel hanya mengatakan akan mengumumkan jajaran prosesor berdaya rendah terbarunya, Gemini Lake yang memiliki konfigurasi 4 core dan 2 core melalui nama Pentium Silver serta Celeron.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.