Bukan Mars, NASA Sekarang akan Fokus ke Bulan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Oct 2017 14:16 WIB
antariksaamerika serikatnasa
Bukan Mars, NASA Sekarang akan Fokus ke Bulan
Wapres AS menyebutkan bahwa Bulan akan jadi fokus NASA saat ini. (Sven Robbe / EyeEm via Getty Images)

Metrotvnews.com: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengumumkan bahwa pemerintahan Trump akan mendorong NASA untuk kembali melakukan misi berawak ke Bulan.

Itu artinya, NASA kini memiliki visi yang sama pada saat mantan Presiden George W. Bush menjabat. Visi itu berubah ketika mantan Presiden Obama menjabat dan mengubah misi NASA untuk fokus pada misi ke Mars. Pence menyampaikan rencana ini melalui kolom di Wall Street Journal juga pada pidato di pertemuan Dewan Antariksa Nasional.

"Kami akan mengembalikan NASA, astronaut ke bulan -- tidak hanya untuk meninggalkan jejak dan memasang bendera, tapi untuk membangun pondasi yang kita perlukan untuk mengirimkan orang Amerika ke Mars," ujar Pence, seperti yang dikutip dari The Verge.

Ini merupakan perubahan besar untuk NASA, yang telah fokus untuk menjalankan misi berawak ke Mars sejak 2010 tanpa membuat rencana untuk mendaratkan manusia ke Bulan. Saat ini, masih belum diketahui bagaimana perubahan tujuan ini akan memengaruhi rencana jangka panjang NASA.

Selama 10 tahun belakangan, NASA telah fokus untuk mengembangkan roket dan pesawat luar angkasa baru, seperti Orion, untuk pergi ke Mars. 

Rencana NASA saat ini adalah untuk menggunakan berbagai kendaraan yang mereka buat untuk membuat stasiun antariksa Deep Space Gateway di dekat Bulan. Di sini, para astronot bisa melatih dirinya sebelum berangkat dalam misi ke Mars. Ada kemungkinan, kendaraan yang NASA kembangkan ini justru akan digunakan untuk menjelajah permukaan Bulan. 

Saat ini, ada dua kubu yang memiliki pendapat saling bertentangan terkait rencana penjelahan luar angkasa Amerika Serikat. Satu kubu menyebutkan bahwa kembali mengadakan penjelajahan ke Bulan adalah sebuah kesalahan. Alasannya, karena NASA sudah pernah ke sana dan badan antariksa itu seharusnya kini fokus untuk melakukan misi ke Mars.

Sementara itu, kubu yang lain menyebutkan, Mars terlalu jauh untuk dituju. Dalam waktu dekat, membuat rencana untuk mencapai Bulan, yang lebih dekat, adalah rencana yang lebih masuk akal. Mars bisa jadi rencana jangka menengah atau jangka panjang NASA, tapi mereka seharusnya menggunakan Bulan sebagai batu loncatan. 

Pence menyebutkan, pada akhirnya, NASA juga akan menjelajah Mars, tapi kini, Bulan akan menjadi fokus mereka. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /