Pertama, Video 360 Derajat Perjalanan di Luar Angkasa

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 06 Oct 2017 10:54 WIB
Pertama, Video 360 Derajat Perjalanan di Luar Angkasa
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengorbit di dekat bumi.

Metrotvnews.com: Kepopuleran kamera 360 derajat ternyata tidak hanya bisa dinikmati di bumi. Dua kosmonot Rusia baru saja merekam video perjalanan di luar angkasa menggunakan kamera 360 derajat, dan ini menjadi video 360 derajat pertama yang dilakukan di luar angkasa.

Dilaporkan oleh The Verge, dua kosmonot dari kru di Stasiun Luar Angaka Internasional membuat video rekaman berdurasi sekitar 3 menit, yang menggambarkan kegiatan mereka ketika bertugas di luar angkasa. Video tersebut dibuat oleh Sergey Ryazansky dan Fyodor Yurchikhin, dalam perjalanan maintenance selama 7,5 jam di bulan Agustus lalu.



Layaknya sebuah video 360 derajat, tentu saja Anda bisa mengendalikan tampilan sudut pandang video ke berbagai arah. Pada video tersebut di bagian awal memperlihatkan aktivitas dua kosmonot yang akan menerbangkan sebuah satelit kecil dari jenis Tanyusha dan Sputnik yang diorbitkan di jarak terdekat dari bumi.
 
Untuk bisa menikmati dan mengagumi keindahan bumi dari luar angkasa, Anda bisa mengubah resolusi video pada layar YouTube. Ketika Anda mengarahkan kursor ke arah video, akan muncul panel pemutar video di bagian bawah video.

Pilih ikon baut di sudut kanan bahwa sebelah tulisan 'YouTube' lalu pilih 'quality'. Jika ingin video terbaik pilih resolusi tertinggi setara 4K, pilihan ini tergantung dari kemampuan layar pernagkat Anda.

Pada bagian akhir video Anda akan melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional mengorbit memutari bumi sehingga menampilkan bentuk bulat dari bumi.

Diketahui, para kosmonot ini rupanya tidak hanya sekali ini merekam video 360 derajat. Mereka tengah menggarap proyek bersama media televisi internasional Rusia bernama RT untuk menampilkan beragam video 360 derajat yang menampilkan kondisi di Stasiun Luar Angkasa International pada halaman situs Space360.

Tidak diketahui pasti spesifikasi kamera 360 derajat yang digunakan, tetapi ini adalah bentuk pemanfaatan video 360 derajat yang membuka pandangan kita tentang aktivitas kosmonot dan kondisi di luar angakasa.
(MMI)

Video /