Benarkah Performa iPhone Semakin Lambat?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 09 Oct 2017 09:26 WIB
apple
Benarkah Performa iPhone Semakin Lambat?
Futuremark merilis data hasil uji benchmark, membantah teori Apple sengaja perlambat kinerja iPhone model lama agar model baru terjual.

Metrotvnews.com: Salah satu rumor terbaru yang beredar di tengah komunitas Apple iPhone menyebut bahwa Apple secara sengaja memperlambat kinerja iPhone model lama setiap kali versi terbaru dari smartphone karyanya dirilis.

Hal ini diperkirakan terjadi saat iOS terbaru terpasang di ponsel versi lama, dan sejumlah pengguna mempercayai bahwa rumor tersebut benar. Setiap kali iPhone versi baru dirilis, pencarian di mesin Google dengan kata kunci "iPhone Slow" meningkat tajam.

Phone Arena melaporkan, teori pendukung rumor ini menyebut bahwa Apple dengan sengaja melakukan hal tersebut untuk mendorong pengguna iPhone versi lama mengganti model yang mereka gunakan dan membeli salah satu versi terbaru iPhone.

Futuremark merupakan perusahaan yang menyediakan data hasil pengujian benchmark smartphone. Berdasarkan data dari tahun lalu, perusahaan tersebut telah menguji lebih dari 100 ribu unit iPhone berbeda untuk mengetahui dampak dari pemuatan iOS 9, iOS 10, dan iOS 11 pada kinerja model tersebut.

Sebagai contoh, Futuremark menguji iPhone model lama yang dapat menjalankan iOS 11 adalah Apple iPhone 5s. Pengujian 3D Sling Shot Extreme dilakukan setiap bulan dari bulan April 2016 hingga September 2017. Hasil ini dinilai dapat membantah teori konspirasi tersebut.

Pengujian benchmark menampilkan rangkaian hasil uji stabil untuk komponen GPU dan CPU dari waktu ke waktu. Hal ini mengindikasikan bahwa ponsel tersebut tidak melambat secara signifikan selama periode waktu saat pengujian dilaksanakan.

Tidak hanya pada satu model tersebut, hasil pengujian GPU yang stabil juga ditampilkan pada benchmark pada iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone 7. Sementara itu, hasil uji CPU mengalami sedikit penurunan pada nilai benchmark dari waktu ke waktu.

Penurunan kecil pada nilai uji CPU ini tidak akan berdampak pada kinerja ponsel, hingga menyebabkan pengguna perlu mencari "iPhone Slow" di mesin pencarian Google. Dengan demikian, hasil pengujian ini akan bertolak belakang dengan pengguna yang mengusung teori konspirasi tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.