Fridtjof Nansen, Sosok Google Doodle Hari ini

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 10 Oct 2017 07:43 WIB
google
Fridtjof Nansen, Sosok Google Doodle Hari ini
Google Doodle hari ini, merayakan hari lahir ke 156 dari ekplorer sekaligus humanis Fridtjof Nansen

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda hari ini membuka kolom pencarian Google pasti Anda akan melihat sebuah animasi Fridtjof Nansen yang ada pada Google Doodle, di atas kolom pencarian. Anda mungkin bertanya, siapa dia? Dan apa itu Passport Nansen yang ada pada gambar?

Hari ini Google merayakan ulang tahun ke 156 Fridtjof Nansen, dia adalah seorang penjelajah di akhir abad ke-19 yang lahir pada 10 Oktober 1861 di Norwergia. Prestasinya berkaitan dengan kegiatan ekspedisinya yakni di tahun 1893 dia menjadi orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Utara hanya dengan berski. 

Jika Anda mengklik gambar Google Doodle tersebut maka animasi karakter berski di tengah akan bergerak. Itu adalah gambaran dia di tahun tersebut melakukan ekspedisi di belahan bumi yang selalu tertutup salju.

Nansen sendiri tercatat pernah melakukan ski menyeberangi beberapa negara atau cross-country hingga sejauh 50 mil atau setara 80km hanya dengan perbekalan minim dan ditemani seekor anjing peliharaannya.

Dengan keahliannya bermain ski, dia menjadi gemar melakukan ekspedisi ke wilayah Kutub Utara. Namun, lambat laun ekspedisinya tidak hanya mengeksplorasi tempat baru. Dia juga mulai memiliki ketertarikan mempelajari habitat makhluk hidup yang ada di wilayah tersebut. Dia menjadi salah satu ahli di program studi zoologi pada The Royal Frederick University Oslo.

Nansen tercatat memiliki jasa besar terhadap bidang kemanusiaan ketika Perang Dunia 1 pecah di tahun 1914. Eropa saat itu menjadi medan perang terparah pertama, dan mau tak mau Nansen harus menghentikan ekspedisinya.

Nansen justru iba melihat nasib para pengungsi perang yang kehilangan kewarganegaraannya karena harus pergi menyelamatkan diri dari rumah dan negaranya masing-masing. Konferensi internasional Jenewa, Nansen memutuskan untuk membuatkan sebuah dokumen bernama Nansen Passport bagi para pengungsi yang diterima oleh 52 negara.

Nansen Passport yang digambarkan pada animasi Google Doodle di pojok kanan atas, memberikan kesempatan bagi para ratusan ribu pengungsi untuk bisa melakukan perjalanan ke 52 negara dan memilih untuk menetap sebagai warga negara baru. Meskipun dokumen perjalanan tersebut pada akhirnya sudah tidak diperkenankan oleh PBB, tetapi usaha Nansen diganjar dengan hadiah Nobel Perdamaian di tahun 1922.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /