Google Siapkan Speaker Cerdas Pesaing Amazon Echo Show

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 02 Oct 2017 08:18 WIB
google
Google Siapkan Speaker Cerdas Pesaing Amazon Echo Show
Google akan meluncurkan perangkat speaker cerdas dengan layar 7 inci, sebagai pesaing Amazon Echo Show.

Metrotvnews.com: Kesuksesan Amazon Echo menciptakan tingginya permintaan untuk produk pada kategori yang kini dikenal masyarakat sebagai smart speaker. Hal ini mendorong Google meluncurkan pesaing Echo pada bulan November tahun lalu.

Pada perangkatnya tersebut, Google memanfaatkan Google Assistant sebagai asisten virtual pendukung, serupa Alexa pada perangkat Echo. Menurut data terbaru yang dilaporkan Phone Arena, Amazon mengendalikan lebih dari 70 persen pasar speaker cerdas, sementara Google mencapai 25 persen.

Beberapa hari lalu, Google pun memutuskan untuk menghapus YouTube dari Amazon Echo Show, versi Echo dengan dukungan layar berukuran 7 inci. Google mengklaim bahwa Amazon telah menghilangkan kemampuan bagi pengguna untuk berlangganan ke saluran, serta menghilangkapi opsi autoplay.

Melakukan perubahan tersebut secara tidak resmi memungkinkan Google menarik aplikasi video streaming dari Echo Show. Sementara itu, rumor yang beredar menyebut Google akan memproduksi speaker cerdas baru dengan node nama Manhattan.

Model ini akan dilengkapi dengan layar 7 inci, serupa Echo Show, dan dibekali YouTube, Google Photos, dan kemungkinan Netflix. Serupa Google Home, produk ini akan dapat mengendalikan perangkat dan peralatan cerdas yang digunakan secara internal.

Perangkat dan peralatan tersebut termasuk televisi dan stereo, kunci, lampu, thermostat, dan sebagainya. Untuk mempermudah pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk produk tersebut, perangkat ini akan menggunakan sistem operasi Android.

Google awalnya berencana untuk merilis speaker cerdas barunya pada pertengahan tahun 2018. Namun, Google akan menghadapi kompetisi baru dari Microsoft Invoke yang segera diluncurkan, speaker cerdas dari Sony dan Apple HomePod yang diprediksi akan diluncurkan pada Desember mendatang.

Kemunculan persaingan tersebut diperkirakan akan mendorong Google mempercepat proses pengembangan, sehingga peluncuran perangkat akan lebih awal dari prediksi sebelumnya. Juga terdapat kemungkinan Google akan mengungkap informasi terkait Manhattan pada 4 Oktober.


(MMI)

Video /