Advan Sandingkan i6 dengan Ponsel Samsung, Xiaomi dan Oppo

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 24 Apr 2018 21:35 WIB
advan
Advan Sandingkan i6 dengan Ponsel Samsung, Xiaomi dan Oppo
Peluncuran Advan i6. (Medcom.id)

Jakarta: Advan merupakan vendor smartphone terbesar ketiga di Indonesia, menurut data IDC untuk Q4 2017. Di antara lima vendor terbesar di Indonesia, Advan adalah satu-satunya merek nasional alias berasal dari Indonesia. 

Dalam peluncuran ponsel barunya, Advan i6, Brand Director Advan, Andi Gusena menganalogikan merek-merek global sebagai "raksasa" yang mereka harus lawan. Meskipun ada sedikit nada pesimisme, pada saat yang sama, Andi juga membanggakan diri.

"Untuk bisa menjadi top 5, Advan sudah menang dari beberapa merek global lain," katanya. Beberapa merek tersebut antara lain Lenovo, Nokia, LG dan juga Sony. 

Andi percaya, "Produk hebat tidak ditentukan oleh spesifikasi atau inovasi atau kualitas tertinggi. Tapi ditentukan oleh seberapa besar produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen di saat yang tepat dengan harga yang tepat."



Meski tidak memberikan contoh, dia menyebutkan bahwa, "Banyak produk global yang memiliki kualitas bagus tapi kurang laku." Karena itulah, dia menjelaskan, Advan sangat berhati-hati dalam memilih spesifikasi dan harga dari ponsel barunya, i6. 

Advan cukup percaya diri dengan ponsel barunya, yang dihargai Rp1.499.000, sehingga mereka berani untuk membandingkan i6 dengan beberapa ponsel dari vendor lain di rentang harga yang sama, seperti Samsung Galaxy J2 Prime, Oppo A71 dan Xiaomi Redmi 5. 



Saat ditanya apakah keputusan Advan untuk meluncurkan i6 yang memiliki spesifikasi cukup tinggi dengan harga terjangkau, Marketing Director Advan, Tjandra Lianto mengaku bahwa persaingan di industri smartphone kini sedang "gila".

"Banyak vendor smartphone yang mengeluarkan produk dengan spesifikasi dan harga di luar nalar," kata Tjandra. "Jika kita tidak mengikuti arus, maka kita akan tertinggal."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.