Acer Bawa Headset VR Rp7,5 Juta ke Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 12 Apr 2018 21:51 WIB
acer
Acer Bawa Headset VR Rp7,5 Juta ke Indonesia
Headset Acer Windows Mixed Reality.

Jakarta: Konten VR (Virtual Reality) semakin banyak. Sejauh ini, headset yang digunakannya masih terbilang mahal. Meskipun ada yang murah, fiturnya juga sangat terbatas.

Acer tampaknya ingin lebih dulu menggarap peluang VR dengan memboyong headset Windows Mixed Reality yang digarap oleh Microsoft.

"Teknologi VR semakin berkembang, termasuk cara kita berinteraksi dengan konten VR. Lewat headset VR Windows Mixed Reality, kini pengguna bisa berinteraksi tanpa batasan dalam konten VR dan terutama dalam hal pemasangannya," ungkap Pre-Sales Manager Acer Indonesia Dimas Setyo.



Menurutnya, teknologi Windows Mixed Reality yang digunakan Acer ini merupakan evolusi tertinggi headset VR. Penggunanya tidak perlu menggunakan sensor eksternal di sekitarnya dan menyediakan banyak interaksi.

Dimas menjelaskan bahwa headset yang hadir dengan dua controller ini memiliki sensor inside-out. Pada bodinya terdapat sensor untuk melihat pergerakan tangan pengguna saat mengoperasikan controller.

Berbekal empat sensor yang terdiri dari Accelerometer, Gyro Sensor, Magnetometer, dan Proximity Sensor, perangkat ini memiliki kemampuan six-degree-of-freedom yang mampu membaca gerakan serta ruangan di sekitar pengguna secara akurat.



Pada bagian headset Acer Windows Mixed Reality terdapat dua layar LCD beresolusi 1440x1440 dengan refresh rate hingga 90Hz, yang menurut Dimas menjamin pengguna tidak akan mengalami pusing atau motion sickness.

Lalu juga terdapat lubang audio jack untuk headset, satu buah port HDMI 2.0, dan satu port USB 3.0. Kedua port ini untuk menghubungkan headset dengan laptop atau PC yang sudah mendukung VR Ready. 

Acer mengumumkan bahwa mereka akan merilis produk Acer Windows Mixed Reality mulai bulan ini hanya di toko ritel mitra Acer dengan harga Rp7,5 juta, harga yang tergolong murah untuk headset VR yang dilengkapi dua controller.


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.