Huawei Bawa Kecerdasan Buatan ke Nova, Apa Hebatnya?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 28 Jul 2018 16:37 WIB
huawei
Huawei Bawa Kecerdasan Buatan ke Nova, Apa Hebatnya?
Huawei Mate 10, ponsel pertama dengan AI.

Jakarta: Desain tanpa bezel dan dua kamera kini menjadi tren di industri smartphone. Selain itu, fitur kecerdasan buatan (AI) juga mulai banyak ditemukan pada smartphone. Biasanya, hanya smartphone kelas atas saja yang dilengkapi dengan fitur AI. 

Namun, Huawei juga menanamkan fitur AI pada lini ponsel kelas menengahnya, Nova. Untungnya, system on chip (SOC) mobile saat ini sudah cukup kuat untuk mendukung fitur AI. 

“AI harus dapat membuat smartphone meningkatkan kehidupan penggunanya. Inilah yang benar-benar dilakukan oleh smartphone Nova Series terbaru dari Huawei,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Karena itulah, Huawei memasang fitur AI penghilang berisik, memungkinkan pengguna mendengarkan suara ketika menelepon dengan jernih dan bicara dengan bebas. 

Fitur AI lainnya yang Huawei tanamkan adalah AI Gallery. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk mencari foto tertentu di ponsel mereka. Dengan fitur AI Gallery, Anda akan bias mencari foto berdasarkan kategori, memudahkan ANda mencari foto yang ingin Anda bagikan. 

Di beberapa negara, lini Nova dari Huawei juga memiliki fitur AI untuk memudahkan pengguna berbelanja online.

Melalui fitur ini, Anda bisa membandingkan harga barang dengan mengarahkan ponsel ke barang yang diinginkan dan melakukan tap pada logo tas belanja. Ponsel akan menunjukkan situs e-commerce yang juga menjual barang tersebut. 

Huawei dikabarkan akan membawa ponsel terbaru dalam lini Nova ke Indonesia dalam waktu dekat. Ponsel itu juga akan memiliki berbagai fitur AI untuk membuat hasil foto menjadi lebih baik. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.