Microsoft Kembangkan Perangkat Surface Layaknya Ponsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 Jun 2018 12:32 WIB
microsoftmicrosoft surface
Microsoft Kembangkan Perangkat Surface Layaknya Ponsel
Gambar konsep 3D. (David Breyer)

Jakarta: Microsoft telah sibuk mengembangkan perangkat Surface baru selama setidaknya dua tahun. Perangkat yang memiliki nama kode Andromeda ini telah disebutkan dalam beberapa paten dan laporan. Dikabarkan, perangkat itu juga akan dilengkapi dengan dua layar. 

Menurut dokumen internal Microsoft yang didapat oleh The Verge, perangkat Surface baru ini akan bisa dimsaukkan ke dalam kantong.

Microsoft menjelaskan bahwa proyek Andromeda adalah sesuatu yang sedang mereka kembangkan secara internal dan akan menghasilkan kategori perangkat baru yang akan memengaruhi perencanaan lini Surface di masa depan. Perangkat ini juga disebutkan akan mengaburkan definisi PC dan perangkat mobile

"Ini adalah perangkat Surface baru yang bisa dimasukkan dalam kantong dengan hardware dan software baru yang inovatif untuk memberikan pengalaman penggunaan yang kaya," adalah penjelasan Microsoft tentang Andromeda. 

Nama kode Numerama pertama kali diungkap oleh Numerama tahun lalu. Sayangnya, Microsoft menolak untuk berkomentar saat ditanya tentang proyek Andromeda ini. 

Microsoft pertama kali memperkenalkan Surface RT dan Surface Pro enam tahun lalu. Keduanya dibuat sebagai perangkat dalam kategori baru yang akan menggabungkan tablet dan laptop.

Memang, Surface Pro sukses mendisrupsi pasar laptop dan tablet. Dan semua perusahaan -- bahkan Apple -- meniru apa yang Microsoft lakukan dengan Surface. 

Andromeda adalah proyek besar Microsoft berikutnya yang akan mengubah definisi masyarakat tentang PC dan ponsel. Saat ini, proyek tersebut masih dikembangkan diam-diam di dalam Microsoft. Dikabarkan, perangkat itu akan memiliki dua layar yang bisa digabung menjadi satu. David Breyer menampilkan konsep 3D dari perangkat ini. 
 

Diduga, Microsoft juga sedang mencoba untuk menyediakan stylus untuk untuk Andromeda. Dengan begitu, perangkat ini akan bisa dilipat layaknya buku dan pengguna bisa menggunakan stylus layaknya pulpen.

Microsoft tampaknya akan memasang prosesor ARM pada perangkat Andromeda, meski belum diketahui apakah mereka akan menggunakan prosesor dari Qualcomm atau Intel. 


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone lokal yang bisa dibilang pejuang sejati. 

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.