Apple Siapkan Speaker Cerdas Merek Beats?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 21 May 2018 11:05 WIB
apple
Apple Siapkan Speaker Cerdas Merek Beats?
Apple dilaporkan berencana untuk meluncurkan speaker cerdas berharga terjangkau, mengusung merek beats.

Jakarta: Menurut Strategy Analytics, sebanyak 9,2 juta smart sepaker didistribusikan selama kuartal pertama. Dan dari jumlah tersebut, sebanyak 600 ribu unit merupakan Apple HomePod. Jumlah tersebut mengganjar Apple dengan pangsa pasar sebesar enam persen dari Januari hingga Maret lalu.

Kondisi ini mengindikasikan bahwa Apple masih jauh tertinggal dari Amazon yang lebih unggul dengan pangsa pasar sebesar 43,6 persen dan Google dengan pangsa pasar 26,5 persen. Namun, terdapat sejumlah alasan yang mendukung ketertinggalan Apple tersebut.

Alasan tersebut termasuk keterlambatan Apple dalam merambah pasar speaker cerdas, dan perangkat yang tergolong mahal yaitu seharga USD349 (Rp4,9 juta). Selain itu, kemampuan Siri dinilai masih relatif kurang canggih jika dibandingkan dengan Amazon Alexa dan Google Assistant.

Menurut rumor yang berasal dari rantai pemasok Taiwan, Apple berencana menawarkan speaker cerdas dengan harga lebih terjangkau, yaitu USD199 (Rp2,8 juta). Rumor lain menyebut bahwa perangkat ini akan diluncurkan mengusung merek Beats.

Hal ini dinilai masuk akal, sebab separuh dari speaker cerdas tersebut merupakan speaker, dan teknologi headset karya Beats akan bermanfaat pada perangkat tersebut. Selain itu, tidak mencantumkan merek Apple pada speaker cerdas berharga terjangkau disebut sebagai caranya untuk membedakan perangkat ini dengan HomePod.

HomePod memiliki keuntungan jika dibandingkan dengan perangkat kompetitor, yaitu woofer berjumlah empat unit dan tweeter berjumlah tujuh unit yang mendukung speaker. Selain itu, HomePod juga mengoptimalkan output audio ke ukuran ruangan yang cukup luas untuk menampung unit woofer dan tweeters.

Sayangnya, separuh perangkat merupakan kategori speaker cerdas, Siri dinilai kurang cerdas jika dibandingkan dengan perangkat kompetitor.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.