Samsung Resmikan Pabrik Ponsel di India

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 10 Jul 2018 08:03 WIB
samsung
Samsung Resmikan Pabrik Ponsel di India
Samsung, didukung Presiden Korea Selatan, meresmikan pabrik smartphone terbesarnya di India.

Jakarta: Kunjungan resmi Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di India dilaporkan turut mengusung agenda peresmian pabrik smartphone Samsung yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia, dan berbasis di Noida, Uttar Pradesh.

Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 35 akre atau sekitar 141 ribu meter persegi, dan bertujuan meningkatkan produksi smartphone secara keseluruhan di India sebanyak 50 persen.

Pabrik baru ini merupakan bagian dari rencana perluasan cakupan bernilai sebesar USD700 juta (Rp10,02 triliun). Pabrik ini didirikan di lahan yang sebelumnya bertugas memproduksi kulkas dan TV, dan smartphone yang mulai diproduksi di pabrik ini pada tahun 2007.

Sebelum meresmikan pabrik di Noida, Samsung memproduksi sebanyak 67 juta unit ponsel di India. Sebagian besar produksi dilakukan di pabrik yang berbasis di Tamil Nadu, India bagian selatan.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah unit yang diproduksinya hingga 120 juta unit dalam kurun waktu tiga tahun mendatang. Karenanya Samsung menambah jumlah pegawainya sebanyak 5.000 pegawai baru.

Dalam pernyataan resminya kepada media, Samsung India menyebut bahwa pabrik berukuran lebih besar ini akan menanggapi pertumbuhan permintaan untuk produk Samsung di seluruh wilayah India.

Samsung merupakan perusahaan smartphone terpopuler di India selama beberapa tahun. Samsung masih berusaha mempertahankan posisinya di puncak, setelah mendapatkan tantangan dari Xiaomi yang juga mulai memproduksi smartphone di negara tersebut.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.