ASUS Pamer Motherboard X299 Khusus Overclocker

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 07 Aug 2017 15:33 WIB
asus
ASUS Pamer Motherboard X299 Khusus Overclocker
ASUS ROG Rampage VI Apex (foto: TechPowerUp)

Metrotvnews.com: ASUS mengumumkan motherboard baru untuk platform Intel X299.

bernama Republic of Gamers (ROG) Rampage VI Apex tersebut diposisikan di atas ROG Rampage VI Extreme dan ditujukan khusus untuk overclocker profesional yang ingin memecahkan rekor benchmark performa CPU dan GPU. Salah satu keunikan motherboard ini adalah desainnya yang tidak simetris.

Jika dilihat secara seksama, ROG Rampage VI Apex memiliki bentuk kotak seperti motherboard pada umumnya. Di beberapa bagiannya, ASUS sengaja seperti "memotong" PCB motherboard tersebut sehingga bisa menempatkan lebih banyak port dan menambah efisiensi penggunaan slot tambahan.

Untuk tenaganya, ROG Rampage VI Apex memanfaatkan tiga konektor yaitu 24-pin ATX, konektor 8-pin EPS, dan konektor 4-pin ATX. Semua itu demi menjaga kestabilan performa saat melakukan overclocking di setiap sektor yang ada di motherboard ini.

Motherboard ini juga dilengkapi dengan heatsink khusus di bagian VRM yang kini telah dilengkapi dengan heatpipe untuk pendinginan lebih optimal. Meski demikian, slot ekspansi motherboard ini tidak semewah yang ada di ROG Rampage VI Extreme.

Ia hanya memiliki empat slot DDR4 DIMM dengan satu channel di setiap slot. Menurut TechPowerUp, hal tersebut sengaja dihadirkan agar overclocker memiliki ruang lebih untuk meningkatkan performa komponen lainnya.

Hingga saat ini, ASUS masih belum mengumumkan harga dan waktu ketersediaan ROG Rampage VI Apex.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.