Beralih ke Android Murni, Lenovo Bakal Buang VIBE UI?

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 06 Aug 2017 11:17 WIB
lenovo
Beralih ke Android Murni, Lenovo Bakal Buang VIBE UI?
Lenovo berencana mengganti antarmuka pengguna perangkatnya dengan Android versi murni. (foto: The Verge)

Metrotvnews.com: Lenovo berencana mengganti VIBE Pure UI Android karyanya, dengan versi murni dari sistem operasi mobile Google pada smartphone karyanya di masa mendatang. Rencana ini akan diterapkan pada ponsel cerdas terbarunya, K8 Note.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Head of Marketing Lenovo India, Anuj Sharma, pada wawancara yang bersama Gadget 360. Menurut Sharma, keputusan tersebut didorong oleh permintaan konsumen.

Sebagian besar konsumen, disebut Sharma, lebih memilih versi murni Android dibandingkan UI karya Lenovo. Sharma juga mencatat, pergantian ke Android versi murni akan memungkinkan pengguliran update lebih baik kepada smartphone Lenovo.

Pengguliran update tersebut termasuk Android O yang akan hadir beberapa waktu setelah Google merilis versi akhir dari sistem operasi tersebut pada akhir tahun ini. Menggunakan Android versi murni juga disebut tidak hanya akan dihadirkan pada perangkat Lenovo mendatang.

Rencana ini juga disebut juga akan diimplikasikan kepada perangkat bermerek Motorola, yang resmi diakusisi Lenovo pada tahun 2014 lalu. Namun, ini bukanlah hal baru bagi Motorola, mengingat ponsel cerdasnya telah menggunakan versi murni Android sejak generasi pertama Moto X.

Sementara itu di pasar Indonesia, Motorola resmi menghadirkan ponsel cerdas penerus Moto E3 Power, yaitu Moto E4 pada Rabu lalu. Moto E4 yang hadir dengan bodi berbalut bahan metal ini ditawarkan dengan harga terjangkau, yaitu Rp1,8 juta.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.