Makin Manusiawi, Kecerdasan Buatan Google Bisa Tidur

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Aug 2017 16:25 WIB
teknologigoogle
Makin Manusiawi, Kecerdasan Buatan Google Bisa Tidur
Ilustrasi. (Getty Creative)

Metrotvnews.com: Google telah cukup sukses dalam penelitiannya terkait kecerdasan buatan. Divisi Google, DeepMind telah berhasil membuat AI yang bisa mengalahkan pemain Go terbaik dunia. Belum lama ini, Google juga telah sukses mengajarkan AI untuk melakukan parkour.

Trik terbaru yang Google teliti dalam riset pembelaran mesin adalah membuat AI tidur. Google ingin membuat AI menjadi lebih manusiawi. Karena itu, kini mereka mengajarkan DeepMind untuk tidur, seperti yang disebutkan oleh The Next Web

"Sekilas, membangun kecerdasan buatan yang bisa tidur mungkin terdengar tidak penting -- AI seharusnya bisa terus menyelesaikan masalah komputasi bahkan setelah para programmer-nya pergi tidur," tulis Google dalam sebuah blog post.

"Namun, prinsip ini merupakan bagian penting dari jaringan deep-Q (DQN), algoritma yang mempelajari cara untuk menguasai berbagai game Atari 2600 dengan pixel dan nilai sebagai input."

Para peneliti DeepMind kini tengah mengajarkan komputer cara untuk belajar. Kata-kata seperti jaringan syaraf, algoritma pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan pada dasarnya berarti proses pengajaran mesin agar ia bisa menyelesaikan masalah secara mandiri. 

Misalnya, untuk membuat mobil otonom berfungsi, maka ia harus memiliki kemampuan untuk membuat keputusan terkait trafik, algoritma analisa data harus bisa mengelompokkan berbagai informasi yang didapat ke segmen-segmen dan AI harus dapat berpikir layaknya manusia. 

Metode yang Google coba saat ini berarti, ketika sebuah komputer menggunakan semua sumber dayanya untuk memecahkan sebuah masalah, ia akan tetap menyimpan informasi untuk dipecahkan ketika ia dalam keadaan offline.

Sebuah komputer tidak harus berada dalam keadaan aktif untuk menyelesaikan masalah. Jika komputer gagal untuk memecahkan sebuah masalah, ia lalu akan menonaktifkan diri, dan ia akan bisa menyelesaikan masalah itu setelah ia "terbangun". 


(MMI)

Video /