Punya Tiga Warna, iPhone 8 Bakal Dijual September?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 10 Aug 2017 08:38 WIB
apple
Punya Tiga Warna, iPhone 8 Bakal Dijual September?
Apple iPhone 8 diprediksi hanya tersedia sebanyak 2 hingga 4 juta unit untuk dipasarkan pada tanggal peluncurannnya.

Metrotvnews.com: Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo mengumumkan prediksinya untuk iPhone yang akan merayakan ulang tahunnya ke sepuluh pada bulan September. Ia menyebut iPhone 8 akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, emas dan perak.

KG Securities juga menyebut, Apple merakit perangkat ini dalam jumlah terbatas dan siap untuk dipasarkan pada bulan September mendatang. Ming-Chi Kuo memprediksi hanya dua juta hingga empat juta unit iPhone 8 yang tersedia untuk dibeli pada tanggal peluncurannya.

Menurut laporan Phone Arena hingga akhir tahun 2017, Apple akan memproduksi sebanyak 45 juta hingga 50 juta unit iPhone model premium terbarunya. Sementara itu, unggahan pada jejaring sosial Weibo menampilkan pernyataan dari eksekutif Foxconn.

Pernyataan tersebut menngatakan bahwa 40 persen dari panel OLED yang diterima dari rantai pemasok belum mencukupi kebutuhan produksi iPhone. iPhone 8 akan menjadi iPhone pertama yang akan menggunakan panel layar OLED, dan bukan layar LCD.

iPhone 8 juga akan dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat, meski untuk dapat menikmatinya, pengguna harus menggunakan adapter dinding dan kabel Lightning-to-USB-C.  Tersedia juga aksesori Apple yang ingin memanfaatkan teknologi ini di Apple iPad Pro.

Selain 45 juta hingga 50 juta iPhone 8 yang diprediksikannya, Kuo juga meramalkan Apple akan memproduksi antara 35 juta dan 38 juta Apple iPhone 7s berlayar 4,7 inci dan Apple iPhone 7s Plus berlayar 5,5 inci.

iPhone 7s dan iPhone 7s Plus saat ini tengah dalam proses produksi massal, sementara produksi massal iPhone 8 akan dimulai pada bulan September mendatang. Apple iPhone 8 akan dilengkapi dengan layar aktif berukuran 5,15 inci dan beresolusi 1125 x 2436 piksel.

Tidak menggunakan Touch ID, sistem pengenalan wajah dirumorkan akan digunakan untuk membukan kunci perangkat dan memverifikasikan identitas pelanggan Apple Pay.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.