Perangkat Tahan Air BlackBerry Baru Tanpa Keyboard?

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 30 Aug 2017 09:00 WIB
blackberry
Perangkat Tahan Air BlackBerry Baru Tanpa Keyboard?
TCL akan menghadirkan perangkat BlackBerry dengan dukungan layar sentuh tanpa dukungan keyboard fisik.

Metrotvnews.com: TCL akan memperluas cakupan rangkaian perangkatnya kepada konsumen di luar penggemar perangkat dengan keyboard. TCL mengumumkan akan meluncurkan perangkat layar sentuh penuh, tanpa dukungan keyboard fisik bermerek BlackBerry pada bulan Oktober mendatang.

Engadget menyebut, sejumlah informasi baru terkait perangkat tersebut beredar, dengan tampilan sedikit berbeda dari TCL DTEK 50 dan 60. Informasi detil terkait dengan perangkat ini masih disimpan rapat oleh pihak TCL, namun Francois Mahieu bersedia berbagi sedikit informasi.

Mahieu menjelaskan, TCL akan menghargai reputasi BlackBerry terkait kemampuan membuat perangkat untuk petualang internasional yang tetap ingin bekerja di berbagai kondisi cuaca. Fitur utama perangkat ini adalah layar sentuh penuh, yang direncanakan akan didukung teknologi tahan air dan debu bersertifikasi IP67.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai yang diklaim mampu bertahan selama lebih dari 26 jam dengan kondisi penggunaan berbeda. Mahieu juga percaya bahwa durabilitas dan umur panjang menjadi dia nilai jual utama perangkat baru TCL ini.

Selain itu, Mahieu juga menyebut bahwa keamanan BlackBerry akan memungkinkan TCL untuk menghadirkan perangkat yang diklaimnya sebagai ponsel Android paling aman di dunia. Meskipun demikian, kegagalan terkait klaim keamanan yang ditawarkan perangkat Android dinilai menjadikan klaim Mahieu tersebut tidak tepat.

TCL mencoba membantah penilaian tersebut, dengan menyebut pengguna tidak seharusnya meremehkan BalckBerry karena belum menjadi pesaing langsung dari Apple dan Samsung. Mahieu menyebut TCL siap bersaing, meski mengusung cara permainan yang berbeda dengan mengunggulkan kekuatannya di bidang baterai, keamanan dan durabilitas. Perangkat ini juga direncanakan akan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan perangkat unggulan lainnya.

Perangkat dengan suguhan layar sentuh penuh tersebut bukanlah perangkat pertama untuk BlackBerry, yang sebelumnya pernah menghadirkan Priv. Namun, Priv masih didukung oleh keyboard fisik yang hadir dengan desain slide, sehingga pengguna dapat menyembunyikannya saat tidak membbutuhkan keyboard fisik tersebut.

Namun, mengingat BlackBerry menghentikan produksinya, Priv dinilai tidak disambut baik oleh konsumen dunia. Rencana yang diungkapkan TCL tersebut memicu rasa ingin tahu pengamat industri smartphone dunia untuk mengetahui cara yang akan digunakan TCL untuk menghindari pengulangan sejarah Priv tersebut.

TCL juga dilaporkan telah mengantongi setifikat tahan air dan debu sebagai permulaan, meski masih belum dapat diketahui pasti jumlah konsumen yang akan menunggu untuk menjadikannya sebagai alasan untuk melakukan peralihan. Namun, Mahieu mengindikasikan perusahaannya tengah bergerak ke arah penjualan perangkat berjumlah jutaan, meski belum diketahui jumlah model yang dibutuhkan untuk dapat dianggap sebagai sebuah kesuksesan.


(MMI)