Telegram Tambahkan Alat Khusus untuk Polling

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 25 Dec 2018 10:21 WIB
telegram
Telegram Tambahkan Alat Khusus untuk Polling
Telegram menggulirkan update untuk aplikasi versi iOS berbekal alat pemungutan suara baru.

Jakarta: Setelah mendistribusikan update utama ke aplikasi Android pada awal bulan ini, Telegram melanjutkan upayanya menghadirkan fitur dan peningkatan baru kepada penggunanya.

Melalui versi terkini, Telegram memungkinkan pengguna untuk melakukan pemungutan suara. Selain itu, Telegram turut menghadirkan peningkatan baru pada aplikasi versi iOS, berupa peningkatan pada fitur pencarian.

Update Telegram terkini memperkenalkan alat khusus untuk melakukan pemungutan suara, sebagai tambahan untuk bot yang telah tersedia. Salah satu alat yang telah tersedia bernama Vote, memungkinkan pengguna melakukan pemungutan suara untuk hal tertentu.

Alat baru pemungutan suara ini diklaim sesuai untuk grup atau saluran dengan banyak anggota. Namun, fitur pemungutan suara ini juga dapat diteruskan untuk meningkatkan cakupan responden pemberi suara.

Pengguna Telegram juga dapat menyematkan pemungutan suara ini sehingga lebih mudah ditemukan rekan pengguna. Hingga saat ini, Telegram membanggakan komitmennya untik menjaga kerahasiaan data pengguna, sehingga untuk saat ini, pemberi suara akan tampil sebagai anonim.

Telegram mengungkapkan rencananya untuk menambahkan alat pemungutan suara non-anonim, memungkinkan pengguna mengetahui nama pemberi suara, namun mereka akan ditandai sebagai non-anonim.

Untuk Telegram versi iOS, update  memperkenalkan fitur pencarian gambar dan peningkatan lain. Kini pengguna dapat menggunakan Web Search untuk menemukan gambar saat mengirimkan lampiran Photo & Video, atau memilih file profile di aplikasi versi iOS.

Selain itu, membersihkan cache dengan mengakses Settings, Data and Storage, Storage Usage, akan memungkinkan aplikasi membetulkan ruang penyimpanan yang dikonsumsi.

Saat mengunduh atau mengunggah file, pengguna kini akan dapat mengetahui proses secara mendetil. Selain itu, aplikasi ini juga akan menampilkan indikator online pada bagian People di hasil pencarian.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.