MediaTek Pamer AI di Helio P90

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 14 Dec 2018 15:03 WIB
mediatekhardware
MediaTek Pamer AI di Helio P90
MediaTek Helio P90.

Jakarta: MediaTek mengumumkan keluarga prosesor terbarunya Helio P90. Di tengah tren teknologi kecerdasan buatan di smartphone, MediaTek juga terlihat membanggakan teknologi AI di prosesor terbarunya.

Kepada Medcom.id, dijelaskan Helio P90 hadir mengusung APU 2.0 yang disebut MediaTek sebagai generasi baru arsitektur AI yang lebih mumpuni, dan menyajikan pengalaman AI empat kali lipat lebih baik dan cepat ketimbang Helio P70 dan P60.

Selain menyajikan performa AI yang lebih cepat, dukungan AI tersebut juga diklaim mampu menbuat perangkat melakukan penghematan konsumsi baterai lebih baik.

"Helio P90 adalah mesin unggul yang mampu memproses AI dengan kinerja ultra cepat dan meingkatkan kinerja AI untuk menyempurnakan citra resolusi gambar. Chip baru ini akan menata ulang ekspektasi konsumen terhadap kemampuan ponsel pintar, dan menggiring pergerakan ponsel pintar menuju era gambar dengan resolusi super tinggi," tutur General Manager MediaTek Wireless Communication, TL Lee.

MediaTek Helio P90 memiliki arsitektur octa-core prosesor ganda ARM Cortex-A75 yang membuatnya berjalan di kecepatan 2,2GHz dan enam prosesor A55 berjecepatan 2,0GHz. GPU Imagination Technologies PowerVR GM9446 diklaim mampu memberikan performa terbaik tapi konsumen baterai yang tetap hemat.

Lewat kameranya kemampuan AI prosesor ini disebut mampu mendeteksi pose foto seseorang lewat pergerakan tubuhnya untuk menghasilkan mode foto yang tepat. Begitu juga beautification real-time termasuk dukungan dalam Artificial Reality dan Mixed Reality.

MediaTek menjamin bahwa teknologi AI di prosesornya mendukung software kerangka pengembangan AI seperti TensorFlow, TF Lite, Caffe dan Caffe 2 yang berbasis NeuroPilot SDK MediaTek, dan kompatibel dengan Google Android Neural Networks API.

Prosesor ini juga diklaim mampu menyajikan kemampuan kamera 48MP atau kamera ganda yang memadukan resolusi 24+16MP. Pada kemampuan perekaman video smartphone, prosesor ini bisa menghasilkan video slow-motion HD di framerate 480fps. MediaTek menyebutkan bahwa Helio P90 akan mulai tersedia di Q1 2019.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.