Startup Besar Bisa Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 01 Mar 2018 17:52 WIB
teknologistartup
Startup Besar Bisa Percepat Pertumbuhan Ekonomi
High impact entrepreneurs mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.l

Jakarta: Tingginya kemunculan berbagai usaha rintisan atau startup di penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia, memicu euforia di kalangan masyarakat. Banyak orang dengan usia berbeda memutuskan untuk membangun usaha rintisan mereka sendiri.

Enveandor Indonesia menilai kemunculan berbagai wirausaha ini mampu menciptakan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia. Percepatan ini dapat didorong oleh pengusaha dengan pengaruh besar atau High Impact Enterpreneur. Untuk menjadi High Impact Enterpreneur, Enveandor Indonesia menilai pengusaha perlu memiliki sejumlah faktor tertentu.

"Untuk menjadi high impact entrepreneurs, pebisnis harus berskala besar, berinovasi, mampu mengubah industri yang digelutinya dari tradisional menjadi lebih modern, dan mampu menjadi contoh bagi pemain lainnya," ujar Managing Director Enveandor Indonesia Sati Rasuanto. Sementara itu, untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, baik Sati dan pihak lain menyepakati pentingnya kehadiran ekosistem yang baik dan mendukung.

Ketua Gunung Sewu Husodo Angkosubroto menyebut bahwa suatu negara akan bisa maju jika memiliki banyak wirausaha dengan skala lebih besar. Dengan sendirinya, kehadiran perusahaan dengan skala lebih besar tersebut akan menciptakan ekosistem yang mampu mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi.

Senada dengan Husodo, CEO Landscape Indonesia, sekaligus investor dan mentor Agus Sari menyebut kepercayaan dan kepemilikan lingkungan sosial yang sama menjadi duah hal yang dibutuhkan dalam ekosistem yang baik.

Husodo turut menambahkan, wirausahawan perlu memiliki pemikiran terbuka untuk dapat menjadi pengusaha berdampak besar. Tanpa open mindset dalam menerima masukan dan saran, lanjut Husodo, bisnis model terbaik yang dimiliki pengusaha tidak akan dapat tereksekusi dengan baik dan mempersulit pengusaha untuk menjadi lebih maju.

CEO Merah Putih Incubator Anthony Liem juga menyebut bahwa menjadi pengusaha, terlebih menjadi high impact entrepreneurs, merupakan perjalanan jangka panjang dengan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan.

Karenanya, Anthony menyebut para calon pengusaha perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan, serta masa sulit di masa depan saat merintis usahanya. Selain itu, Anthony juga menyarankan calon pengusaha untuk tidak segan meminta bantuan saat membutuhkannya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.