Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Duo Smartphone Terbaru Google

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Oct 2017 07:49 WIB
androidgoogle
Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Duo Smartphone Terbaru Google
Tampilan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Metrotvnews.com: Google akhirnya merilis dua smartphone unggulan berikutnya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL resmi dirilis. 

Dari segi desain wajahnya, Google Pixel 2 tidak mengalami banyak perubahan dari pendahulunya. Pixel 2 mengusung ukuran layar 5 inci berpanel OLED dan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan rasio layar ke bodinya 16:9. Berbeda dengan Pixel 2 XL yang mengusung layar lebih besar lagi dari seri pendahulunya. Pixel 2 XL membawa layar berukuran 6 inci dengan panel P-OLED resolusi 2880 x 1440 piksel serta rasio layar ke bodinya 18:9. 

Keduanya tidak ikutan tren bezel-less, tapi jelas mereka mempertipis ukuran bezel pada perangkatnya. Google Pixel 2 XL memiliki ukuran bezel lebih tipis ketimbang Pixel 2 di bagian atas dan bawah layar.

Antarmuka halaman depannya pun disadari mengalami perubahan, yaitu kolom pencarian Google tidak lagi berada di bagian atas layar melainkan di bawah yang hadir dari penggunaan sistem operasi Android Oreo.

Pada bagian punggungnya, terdapat kamera belakang dengan LED flash dan pemindai sidik jari yang diklaim tercepat. Google juga tidak ikutan tren kamera ganda, sebab mereka menggunakan teknologi yang disebut 'dual pixel'. 

Teknologi ini memiliki kemampuan seperti kamera ganda. Ketimbang menggunakan dua lensa, Google justru menciptakan teknologi yang bisa memecah pixel dari foto yang diambil dan membuat efek yang sering dipamerkan kamera ganda, yakni efek bokeh

Google juga mengatakan, teknologi dan efek tersebut bisa dijumpai pada kamera depan yang beresolusi 8MP dengan aperture f/2.4. Kemampuan kamera depannya tampak tidak mengalami perubahan dari seri sebelumnya. Selain itu, kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL sudah tertanam teknologi sticker AR (augmented reality) yang kini sangat populer di media sosial.

Kedua smartphone ini mengusung kemampuan kamera yang sama, meskipun resolusinya tidak sebesar yang dilakukan kompetitornya. Ada kamera belakang beresolusi 12,2MP dengan bukaan lensa atau aperture f/1.8 yang dilengkapi OIS (optical image stabilization).

Aperture ini mengalami peningkatan dari seri terdahulu yang hanya f/2.0. Pada pengujian yang dilakukan oleh DXO, kamera smartphone terbaru Google kali ini mendapatkan skor 98, lebih tinggai dari iPhone 8 Plus yang hanya mendapatkan skor 94.

Di bagian bawah, Anda hanya akan mendapatkan lubang charger. Ya, tidak ada lubang audio jack, sebab Google memperkenalkan wireless earphone yang bernama Google Pixel Buds yang diklaim lebih canggih dari AirPods milik iPhone.

Masuk ke dapur pacu, selain menggunakan prosesor Qualcom Snapdragon 835, kedua smartphone terbaru ini juga hadir dengan RAM 4GB dan varian memori penyimpanan 64GB dan 128GB.

Tentu saja, para pengguna smartphone buatan Google ini masih mendapatkan bonus layanan Google Photos dengan kapasitas penyimpanan cloud tidak terbatas dan ukuran foto tidak akan dikompresi. Pixel 2 baterainya berkapasitas 2.700 mAh, dan Pixel 2 XL memiliki kapasitas lebih besar yaitu 3.520 mAh.

Fitur menarik lainnya adalah Active Edge, yaitu setiap tekanan genggaman yang diterima oleh kedua sisi smartphone tersebut akan diartikan sebagai perintah tertentu yang bisa diatur oleh pengguna. Fitur ini sebenarnya tidak dibilang baru sebab HTC pada smartphone terbarunya, U11, juga sudah dihadirkan.

 Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL rencananya akan mulai tersedia di pasar pada 17 Oktober tahun ini. Pixel 2 dijual dengan harga USD649 (Rp8,7 juta) untuk memori 64GB dan USD749 (Rp10 juta) untuk memori 128GB. Berbeda dengan Pixel 2 XL yang dijual seharga USD849 (Rp11 juta) untuk memori 64GB dan USD949 (Rp12 juta) yang 128GB.




(MMI)

Video /