MWC 2018

Semester 2 2018, Samsung Luncurkan Speaker Cerdas dengan Bixby

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 28 Feb 2018 09:48 WIB
samsungmwc 2018
Semester 2 2018, Samsung Luncurkan Speaker Cerdas dengan Bixby
Samsung mengumumkan akan meluncurkan speaker cerdas didukung Bixby pada pertengahan tahun 2018.

Jakarta: Samsung akan segera merambah ranah speaker cerdas dengan meluncurkan perangkat karyanya pada semester dua tahun ini. Informasi ini disampaikan oleh CEO Samsung Mobile DJ Koh di ajang Mobile World Congress (MWC).

Speaker cerdas Samsung tersebut akan didukung oleh asisten virtual buatan Samsung, Bixby. Sebelumnya asisten virtual ini telah dapat ditemukan pada smartphone unggulan Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dan kini juga tersedia di Galaxy S9 dan Galaxy S9+.

Koh menyebut speaker ini akan menjadi perangkat kelas premium. Samsung tidak berupaya untuk berkompetisi dengan speaker berharga terjangkau seperti Amazon Echo dan Google Home. Samsung mengaku memilih untuk memasarkannya dengan harga premium agar dapat menghadirkan fitur lebih baik.

Hingga saat ini, Samsung masih enggan berbagi informasi lebih detail terkait dengan fitur yang akan diusung speaker cerdas karyanya tersebut. Namun, speaker cerdas ini diprediksi akan mampu mengendalikan sistem Samsung SmartThings dengan memanfaatkan perintah suara via speaker Bixby.

Sebagai informasi, Samsung SmartThings merupakan ekosistem rumah cerdas, yang menghubungkan sensor, peralatan dan elektronik ke dalam satu jaringan, memungkinkan pengguna mengendalikannya dengan lebih mudah.

Opsi mengendalikan rumah via perintah suara menjadi cikal bakal tren menjanjikan di masa mendatang, Namun, Samsung bukanlah perusahaan pertama yang mengimplementasikan kemampuan ini di perangkat karyanya.

Sebelumnya, Google telah menghadirkan kemampuan ini pada speaker cerdasnya yaitu Google Home. Speaker Google ini memungkinkan pengguna mengendalikan sebagian besar perangkat cerdas di rumah, termasuk lampu, TV dan kunci, via perintah suara.

Hingga saat ini, juga belum tersedia informasi terkait harga yang akan dipatok Samsung untuk speaker cerdas ini. Rumor yang beredar menyebut, Samsung akan memasarkannya dengan harga sekitar USD200 (Rp2,7 juta).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.