Samsung Pamer Rangkaian TV Canggih untuk 2018

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Mar 2018 17:08 WIB
samsung
Samsung Pamer Rangkaian TV Canggih untuk 2018
Presiden Visual Display Business Samsung Electronics Jonghee Han memperkenalkan seri terbaru Samsung QLED TV.

New York: Samsung tidak hanya unggul di pasar perangkat smartphone. Perusahaan ini juga masih sangat eksis di pasar perangkat home entertainmet seperti televisi canggih kelas high-end.

Lewat ajang Samsung TV-The First Look 2018 di New York, Amerka Serikat hari ini, perusahaan tersebut memperkenalkan beberapa produk televisi sekaligus yang tidak hanya menjual kualitas gambar tapi juga fitur canggih.

Beberapa teknologi tersebut di antaranya ada Ambient Mode yang menyediakan informasi seperti berita, lalu lintas, dan cuaca meskipun televisi tidak difunakan untuk menonton. Tampilan gambar pada televisi Samsung juga akan mengikuti tampilan dinding yang ada di baliknya.

Ada juga teknologi tercanggih yang dibenamkan ke dalamnya, asisten digital Samsung Bixby. Teknologi yang juga diimplementasikan pada smartphone premium Samsung.

Pengguna televisi Samsung kini diklaim mampu menggunakan perintah suara untuk mencari acara favorit serta mengendalikan tidak televisi saja, tapi juga perangkat yang kompatibel dengan Bixby.

Untuk teknologi di sisi gambar, Samsung memperkenalkan teknologi Direct Full Array yang membuat QLED TV mampu menampilkan gambar dengan kontras terbaik, yakni warna hitam dan putih yang sebenarnya.

Teknologi ini menggunakan sebuah panel dengan zona backlighting yang berfungsi dengan pintar untuk otomatis menyesuaikan dan menghasilkan warna hitam yang kelam dan putih yang jelas.

Mengingat televisi Samsung diposisikan sebagai produk home entertainment, maka Samsung juga menyediakan perangkat audio home theater terbaru berupa soundbar, mulai dari HW-K950, HW-N650, HW-NW700, dan VL550.

Samsung sendiri memperkenalkan beberapa varian televisi terbarunya. Untuk model QLED TV Samsung memperkenalkan 4 model: Q9f, Q8F, Q7C, Q7f, dan Q6F dengan ukuran 55-88 inci.

Lalu model Premium UHD, Samsung menghadirkan dua model yakni NU8500 dan NU8000, sedangkan di model UHD TV Samsung menyediakan NU7100 dan NU7300 dengan ukuran dari 40-75 inci.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.