Instagram Dukung Penulisan Bahasa Kanan ke Kiri

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 02 Nov 2017 09:08 WIB
instagram
Instagram Dukung Penulisan Bahasa Kanan ke Kiri
Instagram telah mendukung bahasa dengan penulisan dan pembacaan dari kanan ke kiri.

Metrotvnews.com: Instagram mengumumkan kehadiran dukungan untuk bahasa yang ditulis dan dibaca dari kanan ke kiri, seperti bahasa Arab, Farsi dan Hebrew. Kemampuan tersebut disambut baik oleh pengguna yang menjadikannya sebagai fitur paling mereka nantikan.

Dengan kehadiran dukungan ini, Instagram telah mendukung sebanyak 33 bahasa, termasuk bahasa Tagalog, Rumania, hingga bahasa Melayu. Instagram juga menyebut untuk menerapkan dukungan tersebut, perusahaannya harus melakukan format ulang  pada aplikasinya secara keseluruhan.

The Verge melaporkan, Instagram sebelumnya telah mendukung sejumlah bahasa seperti Mandarin, Korea dan Jepang, yang memungkinkan pengguna untuk membacanya dari atas ke bawah dan kanan ke kiri.

Namun baru saat ini, Instagram memiliki dukungan secara eksklusif untuk bahsa yang ditulis dan ditampilkan dari kanan ke kiri.

Sementara itu, masih terdapat sejumlah bahasa yang belum didukung oleh Instagram termasuk bahasa Urdu dan Azeri. Namun Instagram memulai dengan bahasa resmi di berbagai negara, utamanya ditujukan untuk membantu pengguna Androiddi kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA).

Dukungan untuk perangkat Android tersebut didasarkan pada fakta bahwa Android menjadi sistem operasi pilihan untuk lebih dari 70 persen komunitas berbahasa Arab. Dukungan untuk bahasa tersebut telah tersedia untuk perangkat Android, dan segera tersedia untuk perangkat iOS dalam waktu dekat.

Dengan update tersebut, Instagram berharap dapat merangkul lebih banyak pengguna yang menggunakan bahasa berbeda, dan terhubung dengan masyarakat lain serta hal yang penting bagi mereka. Preferensi bahasa tersebut dapat ditemukan di panel pengaturan utama.

Opsi baru tersebut tersedia setelah pengguna aplikasi melakukan update ke versi terkini. Sementara itu untuk pengguna yang tidak menggunakan bahasa tersebut akan dapat diterjemahkan secara otomatis, ke dalam bahasa yang dipilih.


(MMI)