Sayembara Google untuk Hacker Hadiahnya Rp2,6 Miliar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 14 Sep 2016 19:12 WIB
google
Sayembara Google untuk Hacker Hadiahnya Rp2,6 Miliar
Google buat kontes untuk mencari bug pada Nexus 6P dan 5X. (NopSec)

Metrotvnews.com: Google meluncurkan Project Zero Security Contest, yang akan menghadiahkan uang pada orang-orang yang berhasil menembus sistem keamanan Nexus 6P dan 5X. Kontes ini dimulai pada tanggal 13 September dan berakhir pada tanggal 14 Maret tahun depan. 

Kontes Project Zero Security diumumkan melalui sebuah blog post oleh peneliti keamanan Project Zero, Natalie Silvanovich.

Seperti yang dikutip dari ZDNet, dia berkata, meskipun tim keamanan Google terus berusaha mencari bug yang ada pada sistem buatan Google, tapi biasanya, para peserta kontes hacking dapat menemukan banyak bug kualitas tinggi dan unik.

Google meminta para peserta untuk fokus pada kelemahan atau sekelompok bug yang memungkinkan penyerang untuk mengaktifkan malware dari jarak jauh pada banyak perangkat Android sekaligus. Satu syarat lain yang Google berikan adalah peserta hanya boleh tahu nomor telepon atau alamat email dari perangkat yang hendak diserang.

Menurut CNET, para kontestan juga harus dapat memanfaatkan bug yang ada di kedua perangkat Nexus. Kecuali jika seorang peserta menemukan sebuah bug yang hanya ditemukan di salah satu perangkat Nexus. Dalam kasus itu, kontestan boleh memanfaatkan bug itu.

Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah sebesar USD200 ribu (Rp2,6 miliar) sementara pemenang kedua akan mendapatkan USD100 ribu (Rp1,3 miliar) dan pemenang ketiga akan mendapatkan hadiah USD50 ribu (RP660 juta).

Pemenang juga diminta untuk memberikan laporan teknis yang menjelaskan tentang bug yang mereka manfaatkan untuk meretas Nexus 6P dan 5X. Post ini akan dimuat dalam blog Project Zero. 

Bagi orang-orang yang telah mencoba ikut kontes ini tapi tidak menang, Google akan mempertimbangkan untuk memberikan hadiah melalui program Android Security Rewards.


(MMI)

Video /