Galaxy Note 7 Terus Meledak, Akankah Samsung Menyerah?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 07:44 WIB
galaxy note 7
Galaxy Note 7 Terus Meledak, Akankah Samsung Menyerah?
Galaxy Note 7 yang terbakar. (Shawn Minter via The Verge)

Metrotvnews.com: Samsung Galaxy Note 7 pengganti dikabarkan terbakar di Minnesota. Kabar ini muncul beberapa hari setelah kabar Galaxy Note 7 pengganti terbakar dalam sebuah penerbangan.

Sekarang, 4 operator besar Amerika Serikat berkata, semua pelanggan bisa menukar Galaxy Note 7 mereka, tidak peduli smartphone tersebut adalah unit pengganti atau bukan.

Kasus di Minnesota melibatkan Abby Zuis yang berumur 13 tahun. Dia berkata, dia merasakan "sensasi kebakaran aneh" ketika memegang Note 7 miliknya pada hari Jumat lalu, menurut laporan KSTP. Setelah kejadian ini, ponsel tersebut memiliki bekas terbakar yang biasa ditemukan pada perangkat Note 7 lain. 

Galaxy Note 7 pengganti ketiga yang terbakar dimiliki oleh Michael Klering di Kentucky. Dia berkata pada WKYT, dia terbangun pada pukul 4 pagi dan menemukan kamarnya terisi oleh asap dan ponselnya terbakar. Dia lalu pergi ke rumah sakit dan dirawat karena bronkitis akut akibat menghirup asap. 

Satu masalah terbesar dalam kasus Klering adalah karena Galaxy Note 7 miliknya terbakar pada hari Selasa dan Samsung tahu hal ini tapi tidak mengatakan apapun. Samsung bertanya pada Klering apakah mereka dapat mengambil ponsel miliknya. Klering menolak, meski Samsung memang membayar untuk melakukan x-ray pada ponsel itu. 

Tidak berhenti di situ, Galaxy Note 7 pengganti ke-4 ditemukan terbakar di Virginia kemarin pagi, waktu setempat. Setelah Note 7 miliknya terbakar, Shawn Minter lalu menghubungi The Verge.

"Galaxy Note 7 pengganti saya mendadak terbakar ketika saya letakkan di atas meja," kata Minter melalui email. "Kamar saya dipenuhi dengan asap. Sama seperti yang terjadi dengan laki-laki di Kentucky. Saya terbangun dengan saat kaget." 

?Gambar: Shawn Minter

Minter berkata, ketika dia hendak menukar Galaxy Note 7 miliknya di Sprint, dia ditawarkan Galaxy Note 7 yang lain. Namun, akhirnya, dia memutuskan untuk mengambil Samsung Galaxy S7. 

Samsung telah sadar bahwa Galaxy Note 7 pengganti juga terbakar sejak awal minggu lalu. Namun, mereka belum melakukan penarikan kembali, meski Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) AS berkata bahwa mereka telah menyelidiki masalah ini.

Kasus ke-5 terjadi di Houston, Texas. Daniel Franks sedang makan siang bersama anak dan istrinya ketika Galaxy Note 7 penggantinya terbakar di atas meja. Franks berkata, anaknya yang berumur 8 tahun biasanya memainkan Minecraft di ponsel miliknya. Dia menceritakan kekhawatirannya apa yang akan terjadi jika ponsel miliknya terbakar saat sedang dipegang oleh puterinya.

Saat ini, salah satu operator AS, AT&T telah berhenti menjual smartphone Samsung ini. Sementara itu, Samsung telah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka sedang melakukan investigasi meski mereka tidak melakukan penarikan kembali.

Kemungkinan, mereka membiarkan regulator AS memimpin investigasi ini karena sebelumnya, mereka mendapatkan kritik setelah melakukan penarikan kembali tanpa bantuan CPSC.

"Kami bekerja keras bersama badan berwajib dan para ahli pihak ketiga dan akan berbagi informasi setelah kami menyelesaikan investigasi ini," kata seorang juru bicara Samsung.

"Meskipun hanya ada beberapa laporan, kami ingin meyakinkan pelanggan bahwa kami menanggapi setiap laporan dengan serius. Jika kami menemukan bahwa ada masalah keamanan, Samsung akan segera mengambil langkah yang sudah disetujui CPSC untuk menyelesaikan masalah ini."

Semua kasus ini membuat AT&T memutuskan untuk menghentikan penjualan dan penukaran Samsung Galaxy Note 7. 

"Berdasarkan laporan terbaru, kami tidak lagi menemukan Note 7 baru sekarang ini, hingga ada investigasi lebih dalam terkait kejadian ini," kata juru bicara AT&T. "Kami mendorong pelanggan untuk menukar Galaxy Note 7 yang bermasalah dengan perangkat lain dari Samsung atau ponsel lain pilihan mereka."

Empat operator besar AS bersedia untuk menerima penukaran Galaxy Note 7, tidak peduli apakah ia versi pengganti atau bukan. Namun, AT&T adalah pihak pertama yang menghentikan penjualan Galaxy Note 7. Sementara itu, juru bicara Verizon berkata bahwa mereka tidak memiliki Note 7 untuk dijual.

Sementara T-Mobile mengatakan, mereka tetap menjual Note 7 pengganti pada pelanggan yang mau membelinya. Recode melaporkan, Sprint menawarkan pengganti Galaxy Note 7 pada pemiliki Note 7 yang bermasalah.




(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /