Intel Akuisisi Startup Khusus Chip Drone dan VR

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 06 Sep 2016 14:20 WIB
intel
Intel Akuisisi Startup Khusus Chip Drone dan VR
Intel jadi pemilik Movidius. (AFP PHOTO / REMY GABALDA)

Metrotvnews.com: Intel tampaknya terus memperluas cengkraman mereka di industri teknologi dengan kembali membeli sebuah startup.

Mereka belum lama ini mengumumkan mengakuisisi Movidius, produsen chip yang menciptakan prosesor khusus yang terpasang pada drone dan perangkat VR. Dari akuisisi ini, Intel terlihat makin serius untuk memastikan bahwa merkea tidak akan ketinggalan dalam perkembangan dan inovasi teknologi yang ada.

"Kemampuan untuk melacak, navigasi, pemetaan, dan memindai lingkungan sekitar dari chip rendah daya dengan performa tinggi milik Movidius membuka peluang pengembangan di sektor yang sedang tren," kata Senior VP Intel, Josh Walden, seperti dikutip dari Recode.

"Lebih spesifiknya, kami akan menerapkan teknologi ini dalam perangkat AR, VR, Mixed Reality (MR), drone, robot, kamera keamanan, dan yang lainnya."

Startup ini sebelumnya juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar, seperti Lenovo, DJI, dan Google. Memang menjanjikan, salah satu produk teranyar mereka adalah Myriad 2, chip yang mampu melakukan streaming video lebih dari satu jalur sekaligus.

Movidius sendiri telah berusia delapan tahun, dan saat ini sudah memiliki sekitar 180 karyawan. Sebelum dibeli, Movidius berhadapan dengan Intel dan Qualcomm, yang memproduksi chip sejenis dengan performa tinggi, dan sanggup menjalankan beragam fungsi.

Namun, prosesor mikro buatan Movidius lebih menekankan pada visualisasi dengan kecepatan yang lebih baik. Dengan ukurannya yang lebih kecil dari kuku orang dewasa

Ini bukanlah langkah pertama Intel dalam melirik kemudian meminang sebuah startup. Sebelumnya, mereka telah mengeluarkan dana sekitar Rp53,3 triliun demi menjadi pemilik Nervana Systems, startup yang berfokus pada pengembangan AI untuk data center perusahaan. Intel juga menjadi pemilik baru Itseez, yang ahli dalam pengambangan pembelajaran mesin komputer.

Prosesos akuisisi ini ditargetkan rampung pada akhir tahun. Intel tidak memberikan infromasi lebih jauh terkait dana yang dibutuhkan dalam membeli Movidius.
 


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

4 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /