Ini Wujud Robot Manusia Buatan NASA di Tahun 1960-an

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 11 Sep 2016 18:49 WIB
robot
Ini Wujud Robot Manusia Buatan NASA di Tahun 1960-an
Wujud robot manusia buatan NASA di tahun 1960-an (NASA)

Metrotvnews.com: Siapa bilang robot manusia baru muncul akhir-akhir ini? NASA ternyata telah melakukan riset teknologi robot manusia sejak tahun 1960-an. Tidak hanya itu, badan antariksa Amerika Serikat tersebut juga telah berhasil menciptakan dua robot manusia sebelum mendaratkan manusia di Bulan.

Menurut Popular Science, dua robot tersebut merupakan robot yang digunakan NASA untuk melakukan simulasi baju luar angkasa sebelum baju tersebut digunakan oleh astronot. Robot bernama Power Driven Articulated Dummy itu dapat meniru 35 gerakan manusia melalui controller eksternal yang dikendalikan oleh seorang operator. 



Robot manusia pertama yang dibuat NASA memang tidak secanggih yang ada saat ini. Robot tersebut masih menggunkaan oli yang dialirkan melalui sistem sirkulasi khusus agar bisa bergerak. Namun, Karena itulah, oli yang mengalir di dalam robot buatan NASA ini mudah sekali bocor, terutama ketika robot ditempatkan di dalam kondisi tekanan tinggi seperti baju luar angkasa.

Meski demikian, robot manusia buatan NASA ini termasuk sangat canggih pada zamannya. Terlebih lagi saat itu komputer masih belum secanggih sekarang ini dan teknologi robotika masih belum menggunakan sensor-sensor kompleks.

Jika Anda ingin menyaksikan robot buatan NASA tersebut, Anda bisa mengunjungi museum Smithsonian National Air and Space yang terletak di Washington D.C, AS.




(MMI)