Chip Modem LTE 4G Intel Dukung iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 10 Sep 2016 12:03 WIB
iphone 7
Chip Modem LTE 4G Intel Dukung iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
Sejumlah unit iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang ditawarkan operator tertentu di Amerika Serikat menggunakan modem Intel.

Metrotvnews.com: Rumor dan spekulasi menyebut Apple akan menggunakan chip modem Intel pada ponsel cerdasnya, iPhone. Hari ini rumor tersebut dikonfirmasi dengan adanya chip modem Intel 4G LTE di unit iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tertentu.

Modem dalam unit tertentu ini kompatibel dengan operator GSM di Amerika Serikat seperti T-Mobile dan AT&T. Sementara operator CDMA seperti Verizon dan Sprint mendukung chip modem buatan Intel ini dan juga chip modem dari Qualcomm. Selama beberapa tahun terakhir, Apple selalu menggunakan modem buatan Qualcomm untuk iPhone.

Pada tahun 2015, Apple dilaporkan mengirimkan insinyur ke Munich, kota tempat Intel menciptakan modem 4G LTE 7360. Di Munich, kedua perusahaan teknologi itu bekerja sama untuk mengoptimalkan chip tersebut sehingga ia dapat digunakan di smartphone Apple.

Menurut laporan terbaru, modem Qualcomm digunakan di seluruh model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bermerek Verizon dan Sprint. Sementara itu, modem Qualcomm dan Intel tersedia pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang ditawarkan T-Mobile, AT&T dan sejumlah operator lainnya.

Apple umumnya menggunakan beberapa pemasok untuk komponen utama perangkatnya dengan tujuan memastikan Apple memiliki komponen yang cukup jika satu pemasok mengalami masalah. Hal ini juga memungkinkan Apple untuk membuat para pemasoknya bersaing dengan satu sama lain terkait harga.

Sementara itu, terdapat perbedaan performa pada iPhone 6s dan 6s Plus yang diluncurkan. Chipset A9 yang diproduksi oleh TSMC berhasil memberikan performa yang lebih baik dari chipset yang diproduksi oleh Samsung. Selain itu, baterai ponsel dengan prosesor TSMC juga lebih awet.

Apple menyelesaikan masalah itu dengan mengumumkan, perbedaan daya tahan baterai antara prosesor TSMC dan prosesor Samsung hanyalah 2 - 3 persen, yang masih dalam kisaran yang dapat diterima oleh Apple.


(MMI)