Tanpa Port Audio, Ongkos Produksi iPhone 7 Lebih Mahal dari iPhone 6s

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:10 WIB
iphone 7
Tanpa Port Audio, Ongkos Produksi iPhone 7 Lebih Mahal dari iPhone 6s
iPhone 7. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: iPhone 7 dengan memori internal 32GB dihargai USD649 (Rp8,5 juta). Namun ternyata, untuk membuat perangkat itu, hanya diperlukan uang sebesar USDD224.8 (Rp3 juta). Angka ini merupakan perkiraan perusahaan riset, IHS, yang baru saja membongkar ponsel terbaru dari Apple itu.

Tahun lalu, IHS memperkirakan ongkos pembuatan iPhone 6s adalah USD211.5 (Rp2,9 juta). Hal ini berarti, biaya pembuatan iPhone 7 lebih tinggi dari iPhone 6s meski ia tidak dilengkapi dengan port audio. Sayangnya, seperti yang disebutkan oleh Business Insider, IHS belum memperkirakan ongkos pembuatan iPhone 7 Plus.

Jika biaya pembuatan iPhone 7 lebih mahal dari iPhone sebelumnya, maka hal ini berarti, margin keuntungan yang didapat oleh Apple agak berkurang. Selama ini, Apple dikenal karena berhasil mendapatkan nilai margin keuntungan besar dalam industri barang elektronik konsumen.

Di kuartal lalu, Apple melaporkan bahwa margin keuntungan kotor mereka mencapai 38 persen. Di saat yang sama, pemasok Apple yang berasal Asia protes karena belakangan, Apple terus menurunkan harga mereka.

Salah satu alasan mengapa pembuatan iPhone 7 lebih mahal dari iPhone tahun lalu adalah karena ia kini memiliki memori internal minimal sebesar 32GB, yang berkontribusi USD16.4 (Rp216 ribu) per iPhone yang terjual.

Komponen lain yang membuat pembuatan iPhone 7 menjadi mahal adalah prosesor, yang diperkirakan dihargai USD26.9 (Rp354 ribu), layar dengan perkiraan harga USD43 (Rp566 ribu) dan dua kamera pada ponsel yang diperkirakan berharga USD19.9 (Rp262 ribu).

"Total harga komponen iPhone 7 kini lebih mendekati dengan apa yang kita lihat di ponsel andalan pesaing Apple, Samsung. Harga komponen iPhone 7 kini lebih mahal dari iPhone sebelumnya," kata Andrew Rassweiler, Senior Director of Cost Benchmarking Services untuk IHS Markit dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip dari Fortune

"Keuntungan yang Apple dapatkan dari hardware masih lebih besar dari Samsung, tapi biaya komponen sekarang lebih tinggi dari yang dulu."

Selama ini, CEO Apple Tim Cook tidak pernah menyukai laporan tentang perkiraan biaya pembuatan iPhone. Di tahun 2015, dia berkata bahwa dia tidak pernah mendengar perkiraan yang akurat. Satu hal yang harus diingat adalah perhitungan IHS tidak memperhitungkan biaya riset dan pengembangan, marketing dan penyimpanan.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /