Indonesia Lebih Tertarik iPhone Lama Ketimbang iPhone X

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 Sep 2017 17:10 WIB
appleiphoneiphone x
Indonesia Lebih Tertarik iPhone Lama Ketimbang iPhone X
Apple iPhone X. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persediaan iPhone X diperkirakan akan sangat terbatas, yang diduga akan menyebabkan kelangkaan dari ponsel paling premium dari Apple tersebut. Namun, itu menurut data di Amerika Serikat. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah masyarakat Indonesia juga tertarik dengan iPhone X?

Menurut iPrice, yang melakukan pengamatan Google Trends mulai dari 1 minggu sebelum peluncuran iPhone X sampai 1 minggu setelahnya, diketahui bahwa iPhone X dan iPhone 8 hanya populer pada peluncuran, yaitu pada 13-14 September. Sementara 5 hari sebelum peluncuran, masyarakat justru lebih tertarik dengan harga iPhone 6 dan iPhone 7. 



Pada hari peluncuran, memang pencarian terkait 2 ponsel baru Apple tersebut meroket, tapi ketertarikan itu memudar dengan cepat. Setelah peluncuran, masyarakat kembali lebih tertarik dengan iPhone 6 dan 7. Diduga, alasannya adalah karena masyarakat memperkirakan harga kedua iPhone itu akan turun setelah peluncuran iPhone baru. 

Sebanyak 6 dari 10 provinsi dengan UMP tertinggi pada 2017 justru lebih tertarik untuk mencari tahu harga iPhone. Keenam provinsi itu adalah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau. Menariknya, iPhone X justru lebih menarik perhatian masyarakat dengan UMP yang lebih rendah dari ke-6 provinsi itu, seperti Gorontalo dan Kalimantan Timur. 



Selain itu, iPrice juga menemukan bahwa popularitas iPhone terbaru semakin cepat memudar jika dibandingkan dengan iPhone lama. Misalnya, iPhone 5 masih jadi topik hangat setelah peluncurannya. Popularitasnya bahkan bertahan hingga peluncuran iPhone generasi berikutnya. Setelah peluncuran, iPhone 6 juga masih menarik perhatian masyarakat selama kurang lebih 5 bulan. 

Sementara itu, popularitas iPhone 7, 8 dan X justru langsung menurun drastis setelah hari peluncuran. Hal ini tampaknya disebabkan oleh beberapa hal seperti harga yang terlalu mahal sampai inovasi yang dianggap kurang menarik. 




(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /