Elon Musk Ingin Gunakan Roket untuk Transportasi di Bumi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 Sep 2017 15:20 WIB
elon musk
Elon Musk Ingin Gunakan Roket untuk Transportasi di Bumi
Ilustrasi. (SpaceX via AP)

Metrotvnews.com: CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan rencananya tentang perjalanan ke Bulan dan Mars dalam konferensi kemarin malam. Dia mengakhiri pengumumannya dengan satu janji menarik, yaitu menggunakan sistem roket antarplanet untuk menempuh perjalanan jarak jauh di Bumi. 

Musk memamerkan demonstrasi dari ide tersebut di panggung. Dia mengklaim, sistem transportasi ini akan dapat membawa penumpang menempuh "perjalanan paling jauh" hanya dalam waktu 30 menit dan pergi "kemanapun di Bumi dalam waktu kurang dari 1 jam" dengan biaya yang sama seperti tiket pesawat ekonomi, lapor The Verge.

Ide Musk adalah menggunakan roket raksasa SpaceX (yang diberi kode nama Big Fucking Rocket atau BFR) untuk mengangkat sebuah pesawat jumbo ke orbit Bumi. Pesawat itu kemudian akan mendarat di landing pad yang dibiarkan mengambang di dekat kota-kota besar.

Saat ini, roket dan pesawat yang akan digunakan masih sekadar teori. Namun, Musk berkata, dia berharap konstruksi roket yang akan digunakan akan dimulai dalam waktu 6-9 bulan. 

Dalam video ilustrasi, para penumpang menggunakan kapal besar dari pelabuhan di New York ke tempat peluncuran roket yang mengambang di air. Dari sana, mereka kemudian naik ke roket yang juga ingin Musk gunakan untuk membawa manusia ke Mars pada 2024. Roket itu akan keluar dari atmosfer Bumi, walau ia tidak akan berangkat ke planet lain dan hanya membawa penumpang ke kota di belahan dunia lainnya. 

Sekitar 39 menit kemudian, pesawat kembali masuk atmosfer Bumi dan mendarat di tempat pendaratan di dekat Shanghai. Proses pendaratan ini sama seperti ketika Falcon 9 mendarat di tempat pendaratan di laut. Dalam video disebutkan, perjalanan dari Hong Kong ke Singapura akan memakan waktu 22 menit, London ke Dubai atau New Work 29 menit dan Los Angeles ke Toronto 24 menit.

Jika berhasil direalisasikan, sistem transportasi ini akan menjadi metode perjalanan paling cepat. Pesawat ini akan mencapai kecepatan 18 ribu per mil, lebih cepat bahkan dari Concorde. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /