Elon Musk Ingin Gunakan Roket untuk Transportasi di Bumi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 Sep 2017 15:20 WIB
elon musk
Elon Musk Ingin Gunakan Roket untuk Transportasi di Bumi
Ilustrasi. (SpaceX via AP)

Metrotvnews.com: CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan rencananya tentang perjalanan ke Bulan dan Mars dalam konferensi kemarin malam. Dia mengakhiri pengumumannya dengan satu janji menarik, yaitu menggunakan sistem roket antarplanet untuk menempuh perjalanan jarak jauh di Bumi. 

Musk memamerkan demonstrasi dari ide tersebut di panggung. Dia mengklaim, sistem transportasi ini akan dapat membawa penumpang menempuh "perjalanan paling jauh" hanya dalam waktu 30 menit dan pergi "kemanapun di Bumi dalam waktu kurang dari 1 jam" dengan biaya yang sama seperti tiket pesawat ekonomi, lapor The Verge.

Ide Musk adalah menggunakan roket raksasa SpaceX (yang diberi kode nama Big Fucking Rocket atau BFR) untuk mengangkat sebuah pesawat jumbo ke orbit Bumi. Pesawat itu kemudian akan mendarat di landing pad yang dibiarkan mengambang di dekat kota-kota besar.

Saat ini, roket dan pesawat yang akan digunakan masih sekadar teori. Namun, Musk berkata, dia berharap konstruksi roket yang akan digunakan akan dimulai dalam waktu 6-9 bulan. 

Dalam video ilustrasi, para penumpang menggunakan kapal besar dari pelabuhan di New York ke tempat peluncuran roket yang mengambang di air. Dari sana, mereka kemudian naik ke roket yang juga ingin Musk gunakan untuk membawa manusia ke Mars pada 2024. Roket itu akan keluar dari atmosfer Bumi, walau ia tidak akan berangkat ke planet lain dan hanya membawa penumpang ke kota di belahan dunia lainnya. 

Sekitar 39 menit kemudian, pesawat kembali masuk atmosfer Bumi dan mendarat di tempat pendaratan di dekat Shanghai. Proses pendaratan ini sama seperti ketika Falcon 9 mendarat di tempat pendaratan di laut. Dalam video disebutkan, perjalanan dari Hong Kong ke Singapura akan memakan waktu 22 menit, London ke Dubai atau New Work 29 menit dan Los Angeles ke Toronto 24 menit.

Jika berhasil direalisasikan, sistem transportasi ini akan menjadi metode perjalanan paling cepat. Pesawat ini akan mencapai kecepatan 18 ribu per mil, lebih cepat bahkan dari Concorde. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.