Peneliti WannaCry Ditangkap FBI

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Aug 2017 10:32 WIB
cyber securitywannacry
Peneliti WannaCry Ditangkap FBI
Ilustrasi. (Juice / Rex / Shutterstock)

Metrotvnews.com: Seorang peneliti keamanan siber yang cukup dikenal ditangkap oleh FBI. Marcus Hutchins, yang lebih dikenal dengan nama MalwareTech tampaknya ditangkap oleh FBI ketika dia mempersiapkan diri untuk terbang kembali ke London dari Las Vegas.

Hutchins datang ke Amerika Serikat untuk menghadiri konferensi keamanan Black Hat and Defcon meski dia tidak mempresentasikan risetnya. 

The Verge melaporkan, Hutchins ditangkap karena perannya dalam "membuat dan mendistribusikan trojan Kronos yang menyasar perbankan" menurut dakwaan federal terhadapnya. Kronos adalah malware yang mengumpulkan kredensial bank online dan data kartu kredit. Ia ditemukan pertama kali pada Juli 2014. 

Menurut teman-temannya, Hutchins diketahui sedang dalam masalah ketika dia tidak mengirimkan pesan singkat dari bandara. "Dia tidak mengirimkan pesan apa-apa sebelum penerbangan, yang tidak biasa untuknya," ujar salah seorang teman. "Dan dia juga tidak menggunakan jaringan WiFi di pesawat."

Teman-teman Hutchins menyebutkan, saat ini, dia berada di kantor FBI di Las Vegas, meski informasi ini tidak bisa dikonfirmasi. 

Hutchins dikenal dalam perannya memerangi ransomware WannaCry, yang menyerang Layanan Kesehatan Nasional Inggris dan menginfeksi hampir 75 ribu komputer di seluruh dunia. Dengan memerhatikan kode malware tersebut, Hutchins berhasil menemukan sebuah domain yang jika dalam keadaan aktif akan membuat WannaCry tidak bisa menginfeksi komputer lain. 

Hal ini memungkinkan Hutchins menonaktifkan malware tersebut satu hari setelah pemberitaan tentang malware itu mulai marak. Satu hal yang menarik, ada orang yang mengambil uang dari dompet Bitcoin yang diasosiasikan dengan WannaCry, meski tampaknya, hal ini tidak terkait dengan penangkapan Hutchins. 

Dalam dakwaan ini, selain Hutchins, ada seorang terdakwa lain yang namanya tidak disebutkan. Bukti dari dakwaan yang ada memberatkan sang terdakwa tersebut, yang dipercaya telah menyediakan instruksi cara penggunaan malware Kronos di YouTube dan mengunggahnya ke berbagai marketplace ilegal.

Sementara itu, Hutchins hanya dituduh atas pembuatan malware. Namun, tidak ada banyak bukti yang menunjukkan mengapa FBI menganggapnya sebagai pembuat malware itu. Dari aktivitas Twitter Hutchins, dalam periode itu, dia tampaknya sedang meneliti malware Kronos. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /