Apple Segera Ungkap Hardware AR?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 12 Sep 2017 09:40 WIB
apple
Apple Segera Ungkap Hardware AR?
Apple dikabarkan akan mengumumkan perangkat pada ranah teknologi Augmented Reality beberapa minggu setelah acara ulang tahun kesepuluh iPhone.

Metrotvnews.com: Acara tahunan Apple pada kantor pusat berbentuk unik barunya semakin mendekati waktu penyelenggaraannya, dan Apple dilaporkan tidak hanya akan meluncurkan iPhone dan smartwatch baru, juga sejumlah produk lain.

Wall Street Journal melaporkan, Apple akan menampilkan upayanya pada bidang teknologi Augmented Reality (AR), seperti yang dijanjikan oleh Tim Cook. CEO Apple tersebut menjanjikan akan mengumumkan hardware dan software baru dalam beberapa minggu mendatang.

Apple juga mengaku siap untuk mengungkapkan kit pengembangan software yang disebut ARKit, memungkinkan pengguna dalam menciptakan aplikasi atau game Augmented Reality. Namun, Apple mengklaim akan ada hardware AR karyanya yang akan mampu menarik perhatian konsumen.

Tim Cook juga menyebut bahwa AR akan menjadi hal besar lain mendapatkan fokus perusahaannya, mengindikasikan ketertarikan dan komitmen mendalam terkait kemungkinan untuk menampilkan obyek virtual pada dunia nyata.

Sejumlah pihak memprediksi iPhone X dengan dukungan kamera belakang ganda tersusun vertikal akan dimanfaatkan sebagai fasilitator perekaman dan proyeksi AR dalam mode lansekap. Sedangkan pihak lain memprediksi akan tersedia pada kacamata khusus yang dipatenkan Apple beberapa waktu lalu.

Sementara itu, sejumlah analis tetap skeptis terkait usaha pertama Apple di bidang kacamata AR tersebut, dan menyebut Apple membutuhkan waktu selama dua hingga tiga tahun mendatang untuk dapat mengembangkan perangkat AR pada ponsel cerdas.

Sebelumnya, Apple merambah ranah AR dengan menggandeng sejumlah usaha besar seperti IKEA atau pengembang game populer. Sehingga teknologi AR masih memiliki peluang besar untuk dapat sukses dikembangkan oleh Apple.


(MMI)

Video /