Google Blokir Video Autoplay di Chrome Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 16 Sep 2017 17:43 WIB
googlechrome
Google Blokir Video Autoplay di Chrome Tahun Depan
Chrome 64 akan memblokir video autoplay. (AP Photo / Mark Lennihan)

Metrotvnews.com: Google akan memblokir video yang otomatis diputar pada versi terbaru peramban Chrome. "Mulai Chrome 64," tulis Google dalam sebuah blog post resmi, "autoplay hanya akan diizinkan ketika video tidak mengeluarkan suara atau ketika pengguna menunjukkan ketertarikan atas media tersebut."

Bagaimana Google tahu Anda akan tertarik pada suatu video? Menurut CNET, Anda akan dianggap tertarik dengan video autoplay ketika Anda menambahkan sebuah halaman situs ke layar utama ponsel atau ketika Anda sering memutar video pada sebuah situs melalui Chrome. Di luar itu, video autoplay akan secara otomatis dihentikan sampai Anda mengklik tombol mulai. 

Dalam blog-nya, Google menyebutkan bahwa fitur ini akan meluncur pada Januari 2018, saat Google meluncurkan update besar untuk Chrome, yaitu Chrome 64. Fitur pemblokiran video autoplay sudah Apple umumkan untuk peramban Safari dalam acara konferensi developer yang diadakan pada bulan Juni lalu. Fitur itu akan mulai tersedia pada 25 September, ketika macOS High Sierra diluncurkan. 

Jika Anda adalah tipe orang yang membenci video autoplay, Anda bisa mengunduh Chrome 63, yang memungkinkan Anda memblokir audio dari situs yang Anda anggap menggangu. Update Chrome 63 akan Google luncurkan bulan depan. 


(MMI)